TPA Batubola Kembali Beroperasi

Sumber:Koran Sindo - 09 Mei 2008
Kategori:Sampah Luar Jakarta

PADANGSIDIMPUAN (SINDO) – Khawatir terjadi longsoran sampah susulan,Dinas Kebersihan Kota Padangsidimpuan beserta Dinas Pekerjaan Umum Daerah(PUD) melakukan penanaman pohon dibagian bawah Tempat Pembuangan Akhir(TPA) Desa Batu bola, Kecamatan Batunadua.

Untuk perbaikan TPA yang longsor awal April lalu,Pemerintah Kota Padangsidimpuan menyediakan dana sekitar Rp100 juta.Anggaran tersebut termasuk untuk pengadaan 140 batang pokok bambu dan 200 pohon lainnya. Kepala Dinas Kebersihan Kota Padangsidimpuan Hadi Azhari menyatakan, Dinas Kebersihan bekerja sama dengan Dinas PUD Kota Padangsidimpuan sudah selesai merehabilitasi terhadap TPA Batu Bola yang berada di Kecamatan Batunadua,Kota Padangsidimpuan.

’’Setelah longsor beberapa waktu lalu,TPA sudah bisa digunakan lagi sejak dua minggu lalu,” tutur Hadi di Padangsidimpuan kemarin. Dia menambahkan, saat ini Pemko Padangsidimpuan sedang menyiapkan anggaran untuk pemindahan TPA pada 2009. Hal itu dilakukan karena TPA sudah overload.

Sementara itu, Seksi Pengendalian dan Pengangkutan Sampah Kota Padangsidimpuan Maskur Hasibuan mengungkapkan, saat ini Dinas Kebersihan Kota Padangsidimpuan masih sangat kekurangan armada untuk mengangkut sampah di seluruh Kota Salak. ’’Enam armada bekerja dua kali setiap hari, sedangkan untuk 14 armada akan bekerja di luar jam kerja dari enam armada tersebut.

Namun, sampah tetap semakin banyak,”tuturnya. Selain armada yang masih kekurangan,menurut dia,tempat pembuangan sampah sementara sangat minim dengan jumlah 180 unit. Dengan pertambahan penduduk yang begitu cepat, Kota Padangsidimpuan harus mempunyai tempat pembuangan sampah sementarayangcukupbanyak.

Berdasar data di Dinas Kebersihan Kota Padangsidimpuan, jumlah peningkatan sampah dari 2005 hingga 2007 meningkat sebanyak 20 kubik pertahun.Jikapada2005/ 2006 jumlah sampah hanya 180–200 kubikperhari(hari-haribiasa), pada 2006/2007 jumlah sampah di kota itu mencapai 200–220 kubik per hari. Sementara itu, Kepala Dinas PUD Kota Padangsidimpuan Hamid Syafaruddin Lubis mengungkapkan, sudah selayaknya TPA di Desa Batu Bola tersebut dipindahkan. (zia ul haq)  



Post Date : 09 Mei 2008