TPA Batu Putih Overload

Sumber:Koran Sindo - 28 Februari 2011
Kategori:Sampah Luar Jakarta

BATURAJA (SINDO) – Tempat Pembuangan Akhir (TPA) di Desa Batu Putih,Baturaja Barat,Ogan Komering Ulu (OKU) saat ini kondisinya sudah penuh (overload),sehingga Dinas Kebersihan,Keindahan dan Pertamanan (DKKP) OKU segera memfungsikan TPA Desa Simpang Kandis,Lubuk Batang.

Dengan kondisi TPA Batu Putih yang overload tersebut saat ini tak mampu lagi menampung sampah masyarakat Kota Baturaja. Kepala DKKP OKU Zulmi Oganda mengatakan, pihaknya berinisiatif untuk memaksimalkan fungsi TPA di Simpang Kandis untuk mengatasi masalah sampah di Kota Baturaja ini. “Kita akan berupaya maksimal, mengatasi masalah sampah ini, dengan mengerahkan seluruh potensi yang ada,”ujar Zulmi.

Ke depan menurut dia, pihaknya juga akan berupaya menata ulang jadwal pengangkutan sampah di Kota Baturaja,yang akan disesuaikan dengan jadwal pembuangan sampah milik warga. Selama ini menurut dia, petugas DKKP selalu mengumpulkan sampah di lingkungan warga pada pagi hari. Dengan perhitungan, bahwa sebagian besar warga membuang sampahnya pada sore atau malam hari.

“Tentunya dukungan dari masyarakat, untuk membuang sampah pada tempatnya juga sangat kita harapkan,” imbuh Zulmi lagi. Sementara mengenai kemungkinan Kabupaten OKU untuk mampu meraih Piala Adipura Zulmi menerangkan, untuk itu dibutuhkan dukungan penuh dari seluruh pihak terkait seperti Bapedalda, Dinas Pekerjaan Umum, maupun kalangan DPRD di Kabupaten OKU. Namun dia menegaskan, sesuai instruksi kepala daerah, seluruh dinas terkait diminta untuk tidak memaksakan diri, jika memang Kabupaten OKU dinilai belum layak meraih Piala Adipura tersebut.

Sementara itu Ketua Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) OKU Yopi Syahrudin menilai, pada intinya penanggulangan sampah di Kabupaten OKU sudah cukup baik. Namun menurut dia, penilaian untuk meraih Adipura,tak sebatas kebersihan kota belaka,juga harus ditunjang dari kemampuan manajemen tata ruang, termasuk lingkungan perkantoran pemerintah khususnya,yang terletak di dalam kota.

“Jika memang semuanya telah tertata baik, termasuk keindahan dan kebersihan kota. Tentunya Piala Adipura,akan dapat diraih,”ujar Yopi. Politisi Partai Demokrat OKU ini menambahkan,pada intinya pihaknya selaku legislatif, tentu akan mendukung, program pemerintah yang dilakukan untuk kepentingan masyarakat banyak,termasuk soal kebersihan dan keindahan kota ini. (dedy sagita)



Post Date : 28 Februari 2011