TPA Babakan Siap Menggantikan TPA Jelekong

Sumber:Kompas - 14 Desember 2005
Kategori:Sampah Luar Jakarta
Bandung, Kompas - Pemerintah Kabupaten Bandung menyiapkan Tempat Pembuangan Akhir Babakan sebagai pengganti sementara TPA Jelekong yang habis masa berlakunya pada akhir Desember 2005. Babakan dioperasikan selama Kota Bandung mencari tempat pembuangan sampah baru.

Nana Priatna, Asisten Ekonomi Pembangunan Kabupaten Bandung, mengungkapkan bahwa TPA Babakan akan beroperasi setelah keluar surat pengesahan dari Bupati Bandung.

Obar Sobarna, Bupati Bandung, menegaskan bahwa tindakan ini diambil untuk membantu Kota Bandung sebelum masa pakai TPA Jelekong usai pada 31 Desember 2005. Masa pakai Jelekong akan selesai sesuai dengan perjanjian, ungkap Obar, Selasa (13/12).

Obar menambahkan, setelah masa pakai TPA Jelekong habis, Perusahaan Daerah Kota Bandung masih harus membenahi air di daerah tersebut. Namun, TPA Babakan yang terletak di antara Kecamatan Arjasari dan Ciparay ini kondisinya belum siap untuk menerima tambahan sampah dari Kota Bandung.

Menurut Rakhmawati, Kepala Subdinas Pemeliharaan dan Pembuangan Dinas Kebersihan Kabupaten Bandung, saat ini pihaknya tengah membangun saluran air lindi sepanjang 60 meter, hanya sebagian kecil dari saluran. Selain itu, di TPA Babakan juga sedang dibangun saluran pembuangan gas metan.

Rakhmawati mengingatkan, saat TPA Babakan diperbantukan selama Konferensi Asia Afrika, 24 April 2005, muncul reaksi keras dari masyarakat. (d15)

Post Date : 14 Desember 2005