Tol Bandara Ditutup

Sumber:Suara Pembaruan - 08 Mei 2008
Kategori:Banjir di Jakarta

[JAKARTA] Jalan Tol Sedyatmo yang merupakan akses utama ke Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Cengkareng, ditutup akibat genangan air pasang setinggi satu meter di KM 26 dan KM 27, Kamis (8/5) dini hari. Pengelola jalan tol dan Satuan Patroli Jalan Raya dari Ditlantas Polda Metro Jaya terpaksa mengalihkan arus lalu lintas ke pintu gerbang M1 dan sejumlah jalur alternatif lainnya.

Berdasarkan pantauan SP Kamis pagi, calon penumpang ke bandara menggunakan jalur lain melalui Kota Tangerang. Akibatnya, terjadi kemacetan panjang mulai dari pintu M1 Neglasari sampai Kebon Nanas, keluar Tol Tangerang menuju Jakarta/Merak.

Kemacetan panjang tak terhindarkan karena untuk menuju M1 hanya tersedia satu jalur dari setiap arah. Jalan Husein Sastranegara yang belum lama dibuka juga tak mampu menampung padatnya arus lintas karena para pengendara berdatangan dari arah Jalan Daan Mogot, Jalan Sitanala, maupun dari arah Kebon Nanas. Truk milik TNI juga sudah dikerahkan untuk mengangkut calon penumpang yang terjebak di Jalan Tol Sedyatmo.

Kepala Cabang PT Angkasa Pura II Haryanto memastikan tidak ada penerbangan yang tertunda. Namun pihaknya sudah meminta maskapai untuk tidak membatalkan tiket penumpang yang terlambat karena terjebak kemacetan. Haryanto juga mengimbau agar calon penumpang tiba di bandara lebih awal, sehingga tidak terjebak dan ketinggalan pesawat.

Air Laut Meluap

Petugas PT Jasa Marga dari Centra Komunikasi, Diatno mengatakan, genangan di tol terjadi karena meluapnya air laut. Empasan ombak air laut pada dinihari yang sangat keras telah menjebol tanggul-tanggul di sekitar tol. "Jebolnya tanggul membuat air laut luber ke jalan tol," katanya.

Hingga berita ini diturunkan, sejumlah pompa masih beroperasi untuk menyedot genangan air laut. Namun, Jasa Marga belum dapat memastikan kapan tol bandara bisa dibuka. [132/Y-6]



Post Date : 08 Mei 2008