Tiga Sungai Meluap di Lasem

Sumber:Kompas - 08 Februari 2008
Kategori:Banjir di Luar Jakarta
REMBANG, KOMPAS - Hujan deras yang mengguyur Kabupaten Rembang, Rabu (6/2) malam hingga Kamis (7/2) pagi, membuat Sungai Babagan, Bajangan, dan Kemuning di Kecamatan Lasem meluap. Akibatnya, banjir melanda sejumlah desa, ratusan hektar tambak dan sawah, serta jalan pantura Rembang-Surabaya.

Luapan Sungai Babagan menggenangi Desa Dasun, Tasiksono, Gedongmulyo, Soditan, Dorokandang, Babagan, dan Karangturi. Banjir terparah terjadi di Desa Dasun dan Tasiksono.

Kamis pagi, puluhan petambak menyelamatkan bandeng dan udang. Sungai meluap secara cepat. Saya tidak sempat menyelamatkan bandeng dan udang, kata Welas (42), sambil menyelamatkan sisa isi tambak.

Sungai Kemuning yang berada di sepanjang jalur pantura Rembang-Surabaya, tepatnya di Desa Ngemplak dan Sendangasri, meluap dan menggenangi badan jalan setinggi sekitar 30-70 sentimeter (cm). Hal itu membuat lalu lintas padat merayap sepanjang lima kilometer.

Air sungai juga merendam permukiman penduduk dan sejumlah sekolah di Desa Ngemplak dan Sendangasri.

Banjir juga menggenangi permukiman, jalan desa, sekolah, puskesmas, dan sawah di Desa Pamotan, Kecamatan Pamotan.

Kota Semarang, Jawa Tengah, juga tergenang, Kamis, akibat hujan deras sejak Rabu hingga Kamis. Ruas jalan yang tergenang hingga 50 cm adalah Jalan MT Haryono, Ronggowarsito, Raden Patah, Pattimura, KH Wakhid Hasyim, Kaligawe, dan kawasan ruko Bubakan.

Menurut Kepala Stasiun Kelas I Meteorologi Badan Meteorologi dan Geofisika Cilacap Budi Anggono, masyarakat Jawa Tengah diminta tetap mewaspadai terjadinya hujan deras yang disertai angin puting beliung selama Februari karena pembentukan awan cumulus nimbus.

Di sisi lain, berkurangnya tinggi gelombang laut membuat nelayan mulai berani melaut, seperti nelayan di Pantai Kebonbaru, Cilacap.

Tingkat okupasi hotel

Banjir yang melanda Jakarta akhir pekan lalu berdampak pada penurunan tingkat okupasi hotel di Kota Bandung, Jawa Barat. Kondisi ini membuat Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Bandung dan Cimahi berniat memberikan diskon tarif menginap di seluruh hotel di Kota Bandung akhir pekan ini, demikian Ketua PHRI Bandung dan Cimahi Edi Rachmat. (HEN/A08/A04/HAN)



Post Date : 08 Februari 2008