Tiga Kecamatan Kurang Air Bersih

Sumber:Koran Sindo - 21 Nopember 2011
Kategori:Air Minum
GRESIK– Hujansudahmulaiturun namun warga di tiga kecamatan Kabupaten Gresik masih kekurangan air bersih.Tiga kecamatan itu adalah Benjeng, Cerme,dan Sidayu. Mereka pun meminta pasokan air bersih kepada Badan Penanggulangan Bencana (BPB) Gresik. 
 
Saat pengiriman air bersih kemarin,warga masih tampak antusias berebut air pasokan dari BPB Gresik. Bahkan antrian jiregen sudah berjajar sebelum truk tangki air datang. Padahal, sejal beberapa hari hujan telah turun berkali-kali, serta telaga di desa setempat tampak sudah digenangi air. ”Air telaga tidak dapat dimanfaatkan. 
 
Karena airnya keruh. Jangankan untuk minum, untuk keperluan mandi aja masih belum layak,” ujar Solihin, 37,warga Desa Lengkong, kemarin. Bahkan,wargapunberharap droping air bias diperpanjang. Karena sampai saat ini warga belum bias memaksimalkan air hujan.Sebab,airtelagamaupun penampungan lainnya belum bias dimanfaatkan untuk keperluan sehari-hari. 
 
”Kalau mungkin droping air bersih ini diperpanjang sampai air telaga bisa digunakan kembali. Maka ini sangat membantu. Karena warga saat ini masih kesulitan air bersih,” ujar Agus, perangkat Desa Lengkong. Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Gresik, Hari Sucipto mengatakan, saat droping air di Desa Lengkong Kecamatan Cerme terus dilakukan. 
 
Bantuan air bersih yang saat ini masuk dalam tahap perpanjangan.Karena rentang waktu yang direkomendasikan dalam surat pernyataan darurat bencana kekeringan adalah mulai 16 September sampai 16 Oktober 2011. ”Melihat kondisi di lapangan serta permintaan beberapa wilayah desa dan kecamatan akan air bersih masih tinggi,maka diputuskan untuk memperpanjang pengiriman air bersih ini.
 
Kendati dibeberapa tempat hujan telah turun,” tukasnya. Dia menambahkan, sampai saat ini total air yang sudah dikirim kewarga saat berlangsungnya kekeringan sebanyak 1946 tangki. Bantuan tersebut selain menggunakan dana APBD juga berasal dari bantuan Perusahaan dan swasta serta dari Pemprop dan Pemerintah Pusat. Selain air bantuan kekeringan ini ada yang berupa tandon serta jirigen. ashadi ik


Post Date : 21 November 2011