Tiga Anak Sungai Dipenuhi Sampah

Sumber:Koran Sindo - 08 Desember 2010
Kategori:Sampah Luar Jakarta

PALEMBANG (SINDO) – Kesadaran warga Kota Palembang untuk menjaga kebersihan sungai masih rendah. Buktinya, dari hasil pemantauan Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang, tiga anak sungai di tiga kecamatan masih dipenuhi sampah. ”Anak sungai yang belum bersih itu berada di Kecamatan Ilir Barat (IB) I, Ilir Timur (IT) II, dan Seberang Ulu (SU) I, Palembang,” ujar Kabag Pembangunan Kota Palembang Solahudin di ruang kerjanya kemarin.

Selain dipenuhi sampah rumah tangga, ketiga sungai tersebut dipastikan juga dicemari kotoran manusia.Hal ini terlihat dari masih adanya jamban di tepian sungai. Perilaku buruk warga ini tak hanya warga di sekitarnya, tapi juga warga Kota Palembang.

Pasalnya, sampah yang menumpuk akan menghambat aliran air yang dapat berujung banjir.Selain itu, perilaku ini dapat menghambat Kota Palembang untuk terus mempertahankan Piala Adipura yang berhasil diraih tahun ini. ”Nanti tidak boleh lagi ada anak sungai yang ada jambannya, karena untuk meraih Adipura tahun depan,air di anak sungai akan diuji kebersihannya,”katanya. Untuk mewujudkan kali yang bersih, Pemkot telah memerintahkan semua pimpinan kecamatan dan kelurahan untuk menggelar Program Kali Bersih (Prokasih) di wilayahnya. Untuk tahun ini, terdapat 32 anak sungai yang menjadi lokasi Prokasih.

Sementara, untuk tahun depan ditetapkan 50 anak sungai Sementara itu, Wali Kota Palembang Eddy Santana Putra meminta peran serta seluruh masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungannya, terutama sungai.Apalagi, penilaian Adipura tahun depan juga akan memeriksa kondisi air. “Mulai sekarang seluruh sungai harus bersih, bersih bukan hanya bersih dari sampah rumah tangga, melainkan juga harus bersih dari zat kimia berbahaya airnya,”tegasnya. Menurut Eddy, sungai yang bersih akan memasok ketersediaan air bersih bagi masyarakat yang terus meningkat dari tahun ke tahun. (CR-2)



Post Date : 08 Desember 2010