Terendam Banjir, Green Canyon Ditutup

Sumber:Koran Sindo - 29 Juni 2010
Kategori:Banjir di Luar Jakarta

CIAMIS(SI) – Banjir bandang akibat luapan Sungai Cijulang yang terjadi sejak pukul 06.00 WIB kemarin merendam objek wisata Green Canyon. Wisatawan yang biasa menyusuri sungai di antara dua tebing menuju Green Canyon, tidak bisa melakukan kembali hal itu.

Sebab,air sungai meluap nyaris mencapai dua tebing tersebut. Luapan air hingga ke Jalan Raya Green Canyon di Desa Kertayasa dan jalan di Blok Kalensari dan Haurseah di Desa Cijulang. Objek wisata Pantai Pangandaran- Batukaras juga lumpuh selama delapan jam sejak pukul 06.00-14.00 WIB. Sejumlah pengguna jalan terpaksa menggunakan jalan alternatif yang cukup terjal dan kecil dengan cara berputar melalui jalan Desa Kertayasa,namun lalu lintas tetap tidak efektif.

Herman Trisno, 30, warga Dusun/Desa Kertayasa, Kecamatan Cijulang, mengatakan banjir yang melanda sejumlah tempat wisata,persawahan dan jalan berlangsung setelah sejumlah wilayah di Ciamis Selatan sepanjang malam sebelumnya diguyur hujan deras. ”Akibat hujan, debit air di Sungai Cijulang meluap sehingga menimbulkan banjir di sejumlah tempat,”kata Herman.

Kepala UPTD Pariwisata Cijulang Haryono membenarkan akibat bencana alam tersebut kawasan objek wisata Green Canyon terpaksa ditutup.Pasalnya,Green Canyon mengandalkan Sungai Cijulang. ”Karena sedang banjir, terpaksa kami tutup seharian.

Mudahmudahan, jika tidak terjadi hujan lagi besok pagi kami sudah bisa melayani para wisatawan seperti biasa kembali,”ujar Haryono. Andri Andriana salah seorang pengelola objek wisata alam Green Canyon menyebutkan,pertama kali melihat kenaikan debit air sekitar pukul 05.30 WIB, air terus naik hingga menjelang siang. (ujang marmuksinudin)



Post Date : 29 Juni 2010