Tempat Pembuangan Sampah Akan Dipagari

Sumber:Pikiran Rakyat - 09 Desember 2010
Kategori:Sampah Luar Jakarta

NGAMPRAH, (PR).- Lokasi penimbunan sampah liar di Jalan Padalarang-Parongpong (Cijamil) di Kampung Cinangela, Desa Mekarsari, Kecamatan Ngamprah, akan segera dipagari untuk mencegah penimbunan sampah. Sebagai solusi jangka panjang pengelolaan sampah di wilayah tersebut, Pemerintah Kabupaten Bandung Barat berencana membangun tempat pembuangan sampah sementara (TPSS) yang lokasinya berdekatan dengan bakal pusat perkantoran pemkab di kawasan tersebut.

"Solusi jangka pendeknya akan segera diangkut dan kami akan memagari kawasan itu lengkap dengan pemasangan rambu-rambu peringatan agar tidak lagi dijadikan tempat pembuangan sampah," kata Camat Ngamprah Rasnyah M. Ilyas di Kantor Desa Mekarsari, Rabu (8/12). Menurut dia, TPSS yang dialokasikan dari pembebasan lahan untuk pusat pemerintahan akan segera dibangun.

Rasnyah mengatakan, perencanaan TPSS sudah dibicarakan langsung dengan bupati dan Dinas Bina Marga dan Pengairan yang menaungi UPTD Kebersihan Kabupaten Bandung Barat. Dia mengungkapkan, sampah yang menumpuk di wilayah Jalan Cijamil bukan merupakan sampah buangan warga sekitar Kampung Cinangela atau Desa Mekarsari, melainkan sampah yang dibuang oleh orang luar desa dengan menggunakan kendaraan mobil atau motor. Pengangkutan sampah tidak bisa dilakukan sesegera mungkin oleh aparat desa atau kecamatan karena mesti melibatkan penggunaan alat berat.

"Sampahnya kemungkinan besar dari Pasar Curug Agung karena banyak sayuran dan telur busuk dalam jumlah besar. Kami juga pernah memergoki mobil yang membuang sampah ke situ," kata Rasnyah.

Pembersihan

Seperti diberitakan sebelumnya, ("PR" Minggu, 5/12) di sisi Jalan Padalarang-Parongpong (Cijamil) berjejer timbunan sampah yang menimbulkan bau tidak sedap. Timbunan sampah sepanjang hampir 100 meter menumpuk di sisi jalan, tepatnya di lahan kosong tidak bertuan. Di sekitar lokasi juga tidak terdapat perumahan warga. Kondisi ini tampak merusak pemandangan, padahal kawasan itu merupakan wajah bakal pusat pemerintahan Kabupaten Bandung Barat yang akan segera dibangun.

Kepala UPTD Kebersihan Kabupaten Bandung Barat Nuryadi Ardiwinata mengatakan, operasi pembersihan di kawasan Jalan Cijamil sudah dua kali dilakukan. Operasi berupa pengangkutan sampah menggunakan loader.

Menurut dia, operasi pembersihan sampah akan kembali dilakukan pada akhir pekan ini. Dia juga berharap aparat kecamatan ataupun desa ikut mencegah pembuangan sampah di sisi jalan itu. (A-168)



Post Date : 09 Desember 2010