Tekno Limbah Volume 5 Tahun 2007 Mungkinkah Sistem Cluster?

Pengarang:Redaksi majalah Tekno Limbah
Penerbit:Yogyakarta, Pusat Pengembangan Teknologi Limbah Cair, 2007, 15 hal
Tahun Terbit:Th. 2007
No. Klasifikasi:011.34 TEK m
Kata Kunci:majalah, Pusat Teknologi Limbah Cair, pengelolaan limbah cair rumah tangga - sistem cluster, limbah tahu, sanitasi & keamanan pangan
Lokasi:Perpustakaan AMPL, Telp. 021-31904113
Kategori:Majalah

Ada beberapa jenis permasalahan dasar yang terkait dengan sistem pengelolaan sanitasi, yaitu: akses dan kualitas pengelolaan yang rendah, kelembagaan yang belum efektif dan efisien termasuk belum lengkapnya peraturan perundang-undangan yang terkait, terbatasnya alternatif pendanaan pembangunan, dan rendahnya peran masyrakat dan swasta. Persoalan kelembagaan Pemerintah Daerah yang menjadi garda terdepan pengelolaan air limbah (sanitasi) masih belum dilengkapi dengan kebijakan dan pengaturan soal organisasi dan tata kerja institusi atau lembaga yang bertugas mengelola prasarana dan sarana yang ada. Perangkat pengaturan masih jauh dari operasional sehingga pengelolaan, terutama pemeliharaan, prasarana dan sarana menjadi terbatas. Lebih jauh lagi, data-data yang reliable dan valid atas atas prasarana dan sarana  air limbah sangat terbatas sehingga sulit untuk melakukan identifikasi kebutuhan peningkatan pelayanan. Persoalan perhatian, pendanaan, dampak lingkungan, minimnya kepedulian pemerintah dan wakil rakyat akan persoalan sanitasi tercermin dari alokasi anggaran yang sangat sedikit untuk pembangunan fasilitas sanitasi dasar.

Majalah Tekno Limbah volume 5 ini memuat informasi mengenai pengelolaan limbah cair rumah tangga dengan sistem cluster, kolaborasi prinsip dasar PSAT, LID dan adopsi alur sesoil demi eksistensi air, sanitasi dan keamanan pangan tantangan bagi negara-negara berkembang, serta liku liku permasalahan limbah tahu dan alternatif penyelesaiannya.

Daftar Isi:

Dari Redaksi

Mungkinkah Pengelolaan Limbah Cair Rumah Tangga Menuju Sistem Cluster

Kolaborasi prinsip dasar PSAT, LID dan Adopsi Alur Sesoil demi Eksistensi Air

Sanitasi dan keamanan pangan Tantangan Negara-negara Berkembang

Liku liku Permasalahan Limbah Tahu dan Alternatif Penyelesaiannya



Post Date : 01 November 2007