Tarif Air PDAM Naik hingga 300%

Sumber:Suara Merdeka - 19 Oktober 2006
Kategori:Air Minum
TEMANGGUNG - Tarif air PDAM Tirta Agung wilayah Kota Temanggung dikeluhkan pelanggan karena naik 100-300%. Mereka yang biasanya membayar rekening setiap bulan hanya ribuan rupiah, kini menjadi belasan bahkan puluhan ribu. Padahal, mereka tidak merasa telah menggunakan air lebih banyak daripada bulan-bulan sebelumnya.

''Saya kaget dan juga heran ketika petugas pelayanan pembayaran memberitahu jumlah rekening air yang harus dibayar bulan ini Rp 19.210, padahal bulan lalu hanya Rp 9.000,'' ujar Bambang Sayono, warga Kepatihan, Temanggung seusai membayar rekening air tersebut di kantor PDAM, kemarin.

Hal yang sama juga dialami Ardani, warga Perumahan Tawangsari, Temanggung. Sebab, pembayaran rekening airnya yang biasanya hanya Rp 17.000 - Rp 20.000 per bulan, ternyata bulan ini menjadi Rp 71.915.

Cenderung Menghemat

Dia mengungkapkan, selama ini pemakaian air biasa-biasa saja, bahkan cenderung menghemat karena musim kemarau.

''Selama ini saya berusaha menghemat agar aliran air ke semua warga tetap merata dan lancar mengingat ini musim kemarau. Namun, kok rekeningnya malah jadi banyak.''

Beberapa warga, seperti Suparni (Jampirejo), Purwadi (Banyutarung), Bambang Rio (pegawai Dinsos Temanggung) juga mengeluhkannya. Bambang Rio menuturkan, rekening airnya naik dari Rp 7.000 menjadi Rp 32.000.

''Kalau yang naik hanya punya saya, mungkin bisa dimaklumi. Namun, ini terjadi pada semua pelanggan,'' ujarnya.

Dia mengungkapkan, petugas PDAM memang telah memberi penjelasan, jika pembayaran naik karena adanya perbedaan tanggal pembacaan meteran dari bulan sebelumnya.

Sebelumnya, pembacaan dilakukan awal bulan sedangkan kali ini pada pertengahan bulan.

Dengan demikian, tambahan setengah bulan itu menjadikan jumlah rekening naik. (H24-39j)



Post Date : 19 Oktober 2006