Target Pengadaan Air Bersih Akan Tercapai

Sumber:Suara Pembaruan - 04 Juni 2009
Kategori:Air Minum

[JAKARTA] Pada akhir tahun 2009, diharapkan target sambungan rumah (SR) air bersih bisa tercapai 10 juta SR. Dengan demikian, sampai akhir tahun 2013, sekitar 66% penduduk perkotaan bisa menikmati layanan air bersih, sesuai dengan RPJMN.

"Indowater Expo & Forum 2009 ini merupakan salah satu upaya merealisasikan target tersebut. Kami juga berharap, target Millenium development Goals (MDGs), yakni pemberian akses bagi separuh jumlah penduduk yang belum memiliki akses air minum pada akhir 2015, juga bisa tercapai," kata Direktur Pengembangan Air Minum, Ditjen Cipta Karya, Departemen Pekerjaan Umum, Tamin M Zakaria di sela-sela Indowater Expo & Forum 2009 di Jakarta, Rabu (3/6).

Dikatakan, air bersih dan sanitasi masih menjadi tantangan bagi Indonesia. Di bidang air minum, hingga akhir tahun 2007 di wilayah perkotaan, cakupan pelayanan air minum baru mencapai 45% dengan total SR sekitar 7,1 juta jiwa, sedangkan di pe- desaan baru mencapai 10%. Pemerintah berusaha memacunya. "Saya memandang Indowater 2009, memiliki arti penting dalam memberikan kontribusi bagi pencapaian target tersebut," katanya.

Menurutnya, dalam expo tersebut, juga dapat diketahui beragam teknologi terbaru yang mengarah pada penghematan penggunaan air. Dalam sesi forum, akan digelar forum investasi yang menjadi ajang pertemuan bagi PDAM yang telah sehat dengan para calon investor, baik dalam maupun luar negeri guna mempercepat ekspansi cakupan pelayanan PDAM.

Sementara itu, Herman Wiriadipoera, dari PT Napindo Media Ashtama, selaku penyelenggara mengatakan, pameran yang sudah lima kali digelar tersebut, kali ini lebih besar dibanding tahun sebelumnya.

Di samping jumlah peserta pameran, juga terdapat dua kategori yang di pamerkan, yakni di bidang energi terbarukan dan limbah. Pameran akan diikuti oleh 500 perusahaan dari 30 negara dan diperkirakan akan dihadiri lebih dari 10.000 pengunjung dari berbagai negara.

Menurut Herman, pameran akan diselenggarakan pada 17-19 Juni 2009 di Jakarta Convention Center. [N-6]



Post Date : 04 Juni 2009