Target 2009, Yogyakarta Bebas Krisis Air

Sumber:Koran Sindo - 26 Januari 2007
Kategori:Air Minum
YOGYAKARTA(SINDO) Untuk menepis pesimisme kalangan ahli yang memperdiksikan Yogya akan mengalami krisis air dalam kurun waktu lima tahun ke depan, PDAM Tita Martha Yogyakarta mengambil langkah strategis.

Sejak 2006 lalu hingga awal tahun ini, badan usaha milik daerah tersebut menggalakkan pembangunan sumur dalam di wilayahnya. Seperti diketahui, selama ini PDAM Tirta Martha hanya mengandalkan pembelian suplai air dari wilayah Sleman, khususnya sumber mata air Umbul Wadon di Cangkringan, Sleman. Melanjutkan program, tahun ini kami membangun lagi dua unit sumur dalam dari wilayah Kota Yogya, kata Dirut PDAM Tirta Martha, Dachron Saleh kemarin.

Bahkan, menurut dia, pembangunan sumur dalam di daerah Bener, Kecamatan Tegalrejo, Yogya, itu sudah mencapai tahap persiapan awal. Dari pengamatan dan survei yang dilakukan PDAM, sumur dalam yang dibangun di daerah Bener itu diprediksikan akan mampu memberi tambahan suplai air bersih PDAM Tirta Martha sekitar 50 liter per detik. Dengan demikian, ungkap Dachron, hingga tahun ini, PDAM Tirta Martha telah memiliki empat sumur dalam di wilayah Kota Yogya.

Dua buah sumur dalam telah dibangun sebelumnya 2006 lalu, di Pengok, Kecamatan Gondokusuman, yang memiliki kapasitas debit air 48 liter per detik. Dengan adanya tambahan sumur dalam itu, Dachron yakin PDAM Tita Martha akan mampu meng-cover kebutuhan 34 ribu lebih pelanggan PDAM, saat musim kemarau sekalipun. Sebetulnya, PDAM sudah memiliki dua sumur dalam, di wilayah Kotagede, peninggalan Departemen Pekerjaan Umum (DPU) zaman Orde Baru dulu.

Sayangnya, debit dan kapasitasnya hanya mencapai 30 liter per detik, imbuhnya. Angota Komisi B, Hendry Kuncorojekti mengatakan, pihaknya akan mendukung anggaran untuk PDAM dalam program penambahan suplai air bagi pelanggan air bersih di wilayah Kota Yogya. Untuk program penerapan water treatment tahun 2008, DPRD juga siap membantu dalam penganggarannya, ujar Hendry. (moch fauzi)



Post Date : 26 Januari 2007