Tangsel Terancam Jadi Lautan Sampah

Sumber:Suara Pembaruan - 07 Januari 2010
Kategori:Sampah Luar Jakarta

[TANGERANG] Pemerintah Kabupaten Tangerang sejak Selasa (5/1) menghentikan layanan sampah di wilayah Kota Tangerang Selatan dengan menarik 38 armada sampahnya yang biasa mengangkut sampah di wilayah yang baru terbentuk ini. Menurut kepala Dinas Kebersihan Pertamanan dan Pemakaman Kabupaten Tangerang Hery Haryanto, penghentian dilakukan karena Pemkab tidak menganggarkan biaya operasional untuk wilayah Tangsel.

Menurutnya, Kabupaten Tangerang sebagai pemerintahan induk tidak bertanggung jawab lagi soal sampah karena Tangerang Selatan sudah mengelola pendapatan asli daerah sendiri. Selama ini, anggaran operasional pengangkutan sampah di wilayah kota baru itu dianggarkan Rp 167 juta per bulan. Sedangkan, sampah yang terangkut mencapai 500-600 meter kubik per hari. "Lain halnya jika masih ditanggung pemerintahan induk, menjadi kewajiban dalam dua tahun ke depan," katanya kepada wartawan, Selasa (5/1).

Truk-truk sampah yang sebelumnya melayani Tangsel akan dialihkan untuk mengangkut sampah di wilayah pantura Kabupaten Tangerang dan sekitar Kecamatan Curug serta Pagedangan.

Selain menghentikan layanan, Pemkab Tangerang juga melarang Tangsel membuang sampah di TPA Jatiwaringin Mauk yang memang masuk wilayah Pemkab Tangerang. "Kalau sudah tidak melayani, otomatis tidak boleh lagi buang di wilayah Kabupaten Tangerang.

Kepala Dinas Kebersihan Pertamanan dan Pemakaman Tangerang Selatan Didi Supriyadi Wijaya mengaku akan melobi agar bisa bekerja sama dengan Kabupaten Tangerang. "Kami berharap masih bisa membuang sampah di Jatiwaringin, Mauk," kata Didi.

Tangerang Selatan, katanya, belum memiliki tempat pembuangan akhir (TPA) sampah sendiri. TPA Cieupecang, Kecamatan Setu masih proses perencanaan. Namun, Didi menargetkan memiliki TPA antara Februari dan Maret.

Untuk mengganti truk-truk sampah tersebut, Tangerang Selatan telah menyiapkan sembilan unit truk dan 26 bak penampungan sampah. "Tahun 2010 akan ditambah lima lagi," kata Didi.

Asisten Daerah II Bidang Pembangunan Tangerang Selatan Sudrajat menambahkan, sembari menunggu TPA Alternatif selesai, sampah di wilayah Tangerang Selatan untuk sementara akan akan dibuang di wilayah Bogor. Namun, dia tidak bersedia menyebutkan nama TPA yang berbatasan dengan Tangsel itu.

"Selain ke Bogor , sampah juga akan dibuang ke TPS di Tangerang Selatan," katanya. [132]



Post Date : 07 Januari 2010