Tangsel Jajaki Kerja Sama dengan Tangerang

Sumber:Koran Sindo - 24 Mei 2011
Kategori:Sampah Luar Jakarta

TANGERANG – Pemkot Tangerang Selatan (Tangsel) tengah membahas MoU pengelolaan sampah di TPA Rawa Kucing dengan Pemkot Tangerang. MoU tersebut rencananya selesai akhir Mei ini.

”MoU-nya sedang kita bahas, mudah-mudahan bisa selesai akhir bulan. Selain dengan Pemkot Tangerang, kita sedang jajaki Pemkab Serang untuk kerja sama,” ungkap Wakil Wali Kota Tangsel Benyamin Davnie ketika ditemui saat menghadiri acara Gelar Teknologi Tepat Guna Ke-7 Tingkat Provinsi Banten di Pertokoan Mardi Gras, Perumahan Citra Raya,Kecamatan Cikupa, Kabupaten Tangerang, kemarin.

Menurutnya, penumpukan sampah ini memang menjadi persoalan di Tangsel.Dalam sehari masyarakat Tangsel bisa membuang 1.600 meter kubik sampah.”Yang paling banyak adalah sampah rumah tangga. Kita sudah melakukan edukasi supaya masyarakat bisa membagi peran dengan mengelola sampah organik sehingga sampah tidak dibuang semua ke TPA. Beberapa warga sudah melalukan itu,”tuturnya.

Terkait berapa lama Tangsel akan membuang sampah ke TPA Rawa Kucing,menurut Benyamin, hal itu dilakukan sepanjang MoU masih dibutuhkan. Sementara, volume sampah yang akan dibuang tergantung MoU yang disepakati. Benyamin menambahkan, pihaknya telah menambah pembebasan lahan TPA Cipeucang Serpong dari 5 hektare menjadi 10 hektare untuk mengatasi volume sampah.

Terkait TPA yang berdekatan dengan rumah warga, Benyamin mengatakan,pihaknya sudah melakukan sosialisasi dan mengatur tata ruang TPA. ”Kita sudah bebaskan lahan dengan anggaran Rp 2,5 miliar. Kita juga akan mendapat bantuan dari pemerintah pusat untuk teknologi pengelolaan sampah,”terangnya.

Kepala Bagian Humas Kota Tangerang Maryoris Namaga mengatakan,pihaknya sampai saat ini belum menerima draf MoU tersebut. ”Setelah nanti ada draf MoU-nya, tentu kita akan mengkajinya terlebih dulu,” terangnya. denny irawan



Post Date : 24 Mei 2011