Tangsel Harus Prioritaskan Sampah

Sumber:Koran Sindo - 09 Desember 2010
Kategori:Sampah Luar Jakarta

TANGERANG (SINDO) – Persoalan sampah di Kota Tangerang Selatan belum juga teratasi. Terbukti, tumpukan sampah di sejumlah jalan masih terlihat menggunung setiap hari.

Tidak hanya menimbulkan bau tak sedap, tumpukan sampah juga dikhawatirkan dapat menjadi pemicu timbulnya penyakit. Pantuan di lapangan, tumpukan sampah itu antara lain terlihat di sepanjang Jalan Raya Ciputat, khususnya depan pasar Ciputat dan Depan Pasar Serpong, Jalan Raya Serpong.Di kawasan ini,tumpukan sampah bahkan tumpah ke badan jalan sehingga mengganggu arus lalu lintas. Begitu pula yang di depan Pasar Serpong, Jalan Raya Serpong. Selain menumpuk di marka jalan, sampah juga bertebaran di kedua arah jalan tersebut,yakni dari arah Tangerang ke Parung maupun sebaliknya.

Menurut Udin, salah satu tukang ojek yang mangkal di sekitar Pasar Ciputat, penumpukan sampah di wilayah tersebut sebenarnya sangat mengganggu.Namun, karena tidak tertangani akhirnya menjadi pemandangan biasa. Dia berharap Pemkot Tangsel segera menangani persoalan tersebut. Menurutnya, ketika Kota Tangsel masih belum menjadi pemerintahan tersendiri, persoalan sampah di daerah itu tidak begitu parah. ‘’Kami bingung, kenapa Pemkot Tangsel tak dahulukan persoalan sampah yang semakin rumit ini,’’ tuturnya. Nurhayat, warga yang kerap melintas di Jalan Raya Serpong juga menilai keberadaan sampah dalam kurun waktu setahun ini di Kota Tangsel semakin buruk.Karena itu,dia meminta siapa pun yang akhirnya memimpin Kota Tangsel agar memprioritaskan Kota Tangsel bersih dari sampah.

“Sampah yang tak tertangani dengan baik ini sudah sangat mengganggu masyarakat,” ungkapnya. Dikonfirmasi,Pejabat Sementara Kepala Dinas Kebersihan Pertamanan dan Pemakaman Kota Tangsel Joko Suryanto mengatakan bahwa pemkot sudah berusaha maksimal untuk menangani persoalan tersebut.‘’Setiap pagi kami mengerahkan petugas kebersihan untuk mengangkut sampah itu.“ ungkapnya. Joko menambahkan, meski telah dibersihkan, sampah di kawasan Pasar Ciputat kembali menumpuk.Pasalnya, areal tersebut merupakan pasar yang selalu menghasilkan sampah. (denny irawan)



Post Date : 09 Desember 2010