Tanggul Muara Baru Mulai Ditinggikan

Sumber:Koran Tempo - 22 Desember 2007
Kategori:Banjir di Jakarta
JAKARTA -- Tanggul pembatas laut dengan daratan yang jebol di Muara Baru, Jakarta Utara, pada November lalu mulai direnovasi kemarin. Tanggul sepanjang 300 meter dengan ketinggian 50-170 cm itu ditambah ketinggiannya sekitar 30 cm.

"Hari ini kami melaksanakan peninggian, mengingat ada ancaman banjir mulai besok," kata Lurah Penjaring Budi Santoso kemarin. Peninggian tanggul dilakukan setelah pekan lalu Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo menginstruksikan Wali Kota Jakarta Utara dan Jakarta Barat agar mewaspadai air pasang (rob) yang diprediksi bakal terjadi pada 22-26 Desember.

Melalui surat perintah yang ditandatangani oleh Sekretaris Daerah Ritola Tasmaya, wali kota juga diwajibkan melakukan sosialisasi kepada masyarakat bahwa akan terjadi arus pasang di wilayah mereka. Lalu wali kota melaporkan setiap perkembangan dan persiapan kepada Gubernur.

Berdasarkan pantauan Tempo, 18 meter kubik pasir yang dikemas karung plastik digunakan untuk menambal tanggul yang bocor atau tergerus air laut. Diperkirakan pengerjaan ini selesai besok.

Bersamaan dengan peninggian tanggul, air laut kembali pasang dan menggenangi sebagian badan jalan serta perumahan di kawasan Muara Baru hingga setinggi 70 cm. Meski begitu, warganya belum mengungsi secara besar-besaran.

Luapan air tertinggi terjadi sekitar pukul 07.00-10.00 WIB. Saat itu, seperti hari-hari sebelumnya, Jalan Muara Baru Raya terendam pasang setinggi 30-70 cm.

"Pasang tertinggi masih terjadi pagi hari," kata Martono, warga Muara Baru. Data di Pintu Air Pasar Ikan menunjukkan angka permukaan air tertinggi terjadi pukul 08.00, dengan ketinggian 180 cm. Namun, pada pukul 15.00, air turun hingga 169 cm atau lebih 9 cm dari ketinggian normal.

Sementara itu, di Gedung Pompa Waduk Pluit, ketinggian air mencapai minus 180 cm atau mendekati kondisi normal, yang mencapai minus 190 cm. "Air seperti biasa, surut pada sore hari," kata Eka, operator Pintu Air Pasar Ikan. FERY FIRMANSYAH



Post Date : 22 Desember 2007