Tangerang Akan Bangun 27 Sumur Hidran

Sumber:Suara Pembaruan - 13 November 2007
Kategori:Air Minum
[TANGERANG] Pemerintah Kabupaten Tangerang melalui Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tangerang, meningkatkan pelayanan air bersih kepada masyarakat luas, dengan membangun 27 titik sumur bor, yang dilengkapi dengan hidran umum dan pipa air untuk mengalirkan ke rumah warga, di sejumlah wilayah, yang selama ini mengalami kesulitan air bersih, seperti di Kecamatan Kemiri, Sepatan, Mauk, Jambe, dan Tigaraksa.

Kepala Bidang Penyehatan Lingkungan pada Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tangerang, Muhammad Yanis, Minggu (11/11) mengatakan, Pemkab Tangerang telah menyediakan dana Rp 1,5 miliar.

Dia memerinci, tiga sumur dalam akan dibangun di Desa Karet, Kecamatan Sepatan, demikian juga di Desa Ketapang, Kecamatan Mauk, dan di Kecamatan Jambe. Dua sumur artesis juga dibangun di Kampung Seglog dan Puri Permai, Kecamatan Tigaraksa, serta instalasi air bersih di Legok.

Sedangkan di Cisoka, pemerintah setempat membangun 25 hidran umum (HU) dan tujuh unit sumur bor. "Jaringan pipa dari hidran-hidran tersebut ke rumah warga sepanjang lima ribu meter," kata Janis.

Dana yang dibutuhkan untum membangun satu unit hidran umum Rp 30 juta-200 juta. "Besarnya bervariasi, bergantung pada kapasitasnya. Kapasitas terbesar mencapai 2.000 liter," katanya.

Kebutuhan air bersih dan sehat di wilayah Kabupaten Tangerang saat ini masih sangat minim. "Sekitar 80 persen dari 3,4 juta jiwa penduduk Kabupaten Tangerang hingga kini belum bisa menikmati air bersih dan sehat. Hal ini terjadi karena buruknya air tanah dan keterbatasan kapasitas dan jaringan perusahaan air minum daerah setempat, yang belum bisa menjangkau seluruh wilayah, khususnya wilayah pelosok," katanya. [132]



Post Date : 13 November 2007