Tambah Tiga Penyaring Sampah

Sumber:Koran Sindo - 21 Juli 2008
Kategori:Sampah Luar Jakarta

KEPALA Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Palembang Kira Tarigan mengatakan, untuk memperlancar aliran air pada drainase, Dinas PU Kota Palembang melalui anggaran APBD Kota Palembang 2008 segera menambah tiga penyaring sampah di sungai.

Dia menjelaskan, penyaring sampah tersebut akan diletakkan pada tiga lokasi berbeda, yaitu di Sungai Sekanak di samping Kantor Perumnas, Sungai Aur di samping Jembatan Jalan Anyar, dan Sungai Bendung di samping Basuki Rahmat.“Fungsinya sebagai penyaring sampah, baik berupa kotoran rumah tangga,eceng gondok, gulma,dan lainnya,”katanya.

Dia melanjutkan, sampah yang tersangkut pada alat penyaring sampah ini akan diangkut Dinas PU secara berkala ke tempat pembuangan dan akan diangkat oleh petugas dengan mobil milik PU. Sementara,alasan penambahan tiga penyaring sampah sendiri, dilakukan karena berdasarkan evaluasi dinilai cukup efektif memperlancar aliran air sehingga diputuskan ditambah tiga penyaring lagi dari tujuh penyaring yang telah dipergunakan sebelumnya.

Sementara itu, Kasubdin Pengelolaan Sumber Daya Air (PSDA) PU Kota Palembang Yahya Ilyas menambahkan, penanganan banjir saat ini diprioritaskan di aliran Sungai Sekanak dan Sungai Bendung.Langkah ini dilakukan karena sebagian daerah aliran sungai tersebut masih terdapat bangunan liar yang berpotensi mengganggu kelancaran aliran saluran akibat sampah rumah tangga.

“Dengan alat ini, sampah dapat dilokalisasi dan diangkut dengan mudah pada lokasi yang kita inginkan,”ujarnya. Namun,Yahya berharap, masyarakat tidak lagi membuang sampah sembarangan di sungai. Sebab, alat ini fungsinya menjaga kebersihan dan kelancaran aliran sungai, bukan sebagai tempat sampah.

Sementara itu, Sekretaris Komisi III DPRD Kota Palembang Taufik Hidayat menyambut baik langkah yang dilakukan pemkot untuk memperlancar aliran air. Apalagi jaringan drainase di Kota Palembang belum seluruhnya baik, masih ada yang rusak dan terputus.

”Dengan pemeliharaan drainase secara rutin dan normalisasi terhadap anak sungai yang mulai dangkal, aliran air menjadi lancar,”ungkapnya. Politikus PKS ini berharap agar jaringan yang ada dapat terus disempurnakan seperti pada perumahan.

Sebab, banyak drainase yang dibangun pada daerah tersebut belum sesuai aturan sehingga berpotensi menimbulkan banjir. Selain itu, dia berharap masyarakat mengubah perilaku buruk membuang sampah di sungai.Apalagi perda larangan membuang sampah sudah ada. (muhlis)



Post Date : 21 Juli 2008