Tak Mengalir, Air Bersih PDAM di Kudus

Sumber:Kompas - 27 Oktober 2006
Kategori:Air Minum
KUDUS, KOMPAS - Terhitung sejak Kamis (26/10) sekitar pukul 08.15 hingga malam, seluruh jaringan air bersih yang dikelola Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Kudus macet total sehingga air tidak mengalir.

Akibatnya, seluruh pelanggan PDAM kelabakan. Apalagi pada umumnya mereka tidak mempersiapkan diri mengisi seluruh bak kamar mandi, WC, maupun tandon air di rumah masing-masing. Kondisi tidak mengalirnya air PDAM tersebut amat disesalkan para pelanggan. Pada sepanjang Kamis mereka masih dalam suasana Lebaran sehingga kebutuhan air meningkat.

"Anehnya PDAM tidak bertanggung jawab, seharusnya perusahaan daerah ini memberi tahu kepada setiap pelanggan jika terjadi sesuatu gangguan terutama apabila berlangsung lama," ujar Dwi Prasetyo, salah satu pelanggan PDAM yang tinggal di Jalan Sosrokartono, Kudus. Sejak kemarau

Air PDAM Kudus yang berhenti mengalir semacam ini sebenarnya sudah berlangsung sejak memasuki musim kemarau yang baru berlalu, terutama setiap menjelang pukul 16.00 hingga pukul 20.00. Kondisi itu tidak pernah diberitahukan PDAM. Akhirnya pelanggan tahu, sehingga sebelum pukul 16.00 seluruh bak penampung air bersih dipenuhi lebih dahulu.

PDAM Kudus selain memiliki sumber air dan pengolahan air di seputar bekas rumah dinas atau kantor Kawedanan Cendono, juga memiliki sejumlah sumber air di berbagai lokasi.

Sebagian besar pelanggan PDAM berada di Kecamatan Kudus kota, sebagian di Kecamatan Bae, Dawe, Jati, Mejobo dan Kaliwungu. Kualitas air bersih tergolong terbaik di tingkat Jawa Tengah. (SUP)



Post Date : 27 Oktober 2006