Sungai Gede Meluap, Ratusan Rumah Terendam

Sumber:Surya Pos - 11 Mei 2010
Kategori:Banjir di Luar Jakarta

Lumajang - Surya- Hujan deras yang mengguyur wilayah Lumajang, mengakibatkan Sungai (Kali) Gede, Kecamatan Rowokangkung, Kabupaten Lumajang meluap dan menggelontor tiga dusun di dua desa Kecamatan Rowokangkung, Minggu (9/5) malam.

Tiga dusun yang mengalami banjir, di antaranya, Dusun Genitri Kidul dan Dusun Kali Banter Desa Rowokangkung. Sedang di Desa Siderejo, Dusun Wungurejo dan Dusun Supit Urang. Di ketiga dusun tersebut masih terendam air.

Sehingga sebagian warga terdiri anak-anak dan wanita mengungsi ke tempat yang lebih tinggi. Masjid Dusun Genitri Kidul dan Rumah Kepala Dusun, Buamin, menjadi sasaran mereka. Sedang lelakinya menjaga rumah dan harta benda tanpa bisa melakukan aktivitas.

Dari data yang ada sebanyak 162 KK atau 529 jiwa warga Dusun Genitri mengungsi.

“Ratusan rumah terkena banjir di sini, ketinggiannya mencapai 1,5 meter,” kata Ahmad Yani salah satu warga di Balai Dusun Genitri Kidul.

Dari hasil pantauan, banjir yang datang akibat jebolnya Kali Gede memasuki perkampungan dengan deras. Dalam sekejap, halaman dan sebagian rumah dimasuki air berwarna cokelat. Warga tidak bisa melakukan aktivitas.

Untuk makan, warga hanya menunggu bantuan dari pemerintah karena sejak semalam mereka mengungsi, Paginya pemerintah kabupaten langsung mengedrop nasi bungkus ke Desa yang terkena banjir, untuk sementara sekolah di dusun tersebut terpaksa diliburkan.

Banjir yang menggenangi 3 dusun di 2 desa di Kecamatan Rowokangkung itu, hingga kemarin sore belum kunjung surut. Sejumlah warga mulai terserang penyakit gatal-gatal lantaran lama berendam di air yang memasuki kediamanya. n st35



Post Date : 11 Mei 2010