Sungai Citalutuk Rendam Puluhan Rumah

Sumber:Kompas - 05 April 2007
Kategori:Banjir di Luar Jakarta
Bandung, Kompas - Puluhan rumah di Desa Banjaran Wetan, Banjaran, Kabupaten Bandung, terendam air Sungai Citalutuk yang meluap akibat banjir kiriman dari daerah hulu, Rabu (4/4). Meskipun air surut dalam waktu singkat, warga harus bekerja terlebih dahulu untuk membersihkan endapan lumpur yang terbawa arus sungai.

Menurut keterangan Kepala Desa Banjaran Wetan, Iya Sutia, banjir di daerah itu terjadi pada pukul 15.30 didahului hujan yang turun satu jam sebelumnya. Setidaknya 50 rumah di dua RW terendam sampai 1 meter.

Selain Desa Banjaran Wetan, luapan Sungai Citalutuk juga menggenangi badan Jalan Raya Banjaran-Pamengpeuk dan menyebabkan kemacetan karena kendaraan harus berjalan perlahan. Kemacetan juga terlihat di pertigaan menuju Kecamatan Arjasari karena sebagian badan jalan terendam air.

Rahmat, warga RT 4 RW 1, mengungkapkan, dia beserta istri dan anaknya yang baru berusia tiga bulan harus mengungsi ke rumah orangtuanya yang berada di lokasi yang lebih tinggi. Rumahnya terendam hampir setengah bagian karena posisinya rendah dan di pinggir sungai.

Daerah yang dikenal dengan nama Kampung Muara itu lokasinya paling rendah dibandingkan dengan daerah di sekitarnya dan berada di muara Sungai Citalutuk.

Rumah milik Carman, warga RT 4 RW 1, lebih beruntung karena langsung bisa dibersihkan dari lumpur karena posisinya kini lebih tinggi dari genangan air. "Kebiasaannya, banjir akibat Sungai Citalutuk memang cepat datang, tapi cepat surut," ujarnya.

Sedangkan Ade, warga RT 3 RW 2, hanya bisa pasrah menunggu surut dengan mengungsi di tempat yang jauh lebih tinggi. (eld)



Post Date : 05 April 2007