Sungai Blumbungan Meluap, 75 Rumah Terendam

Sumber:Suara Pembaruan - 08 Desember 2007
Kategori:Banjir di Luar Jakarta
[SURABAYA] Sebanyak 75 rumah di wilayah Kecamatan Kota Pamekasan, Madura, Jawa Timur, terendam air setinggi 1-1,5 meter, menyusul hujan deras yang ditandai meluapnya Sungai Blumbungan, Jumat (7/12). Dua di antara rumah tersebut hanyut terbawa arus air sungai.

Aliran sungai tersebut meluap menjelang petang pukul 17.15 WIB. Luapan tersebut datang tiba-tiba, warga belum sempat mengamankan barang penting, air sudah menggenangi halaman dan rumah mereka.

"Meskipun tidak ada korban jiwa, tetapi kerugian akibat perabotan rusak mencapai puluhan juta rupiah," kata Abdul Kadir, warga Jalan Amin Jakfar, Pamekasan kepada SP, Sabtu (8/12).

Menurut Kadir, air yang menggenangi rumah penduduk terutama di Jalan Amin Jakfar, Sabtu pagi dilaporkan sudah surut. Tetapi tinggi genangan di rumah penduduk tinggal tersisa rata-rata sekitar 40 sentimeter (cm).

Sepanjang Jumat malam dan Sabtu dini hari sampai pagi, warga mengungsi di tempat aman. Sebagian besar di antara mereka tidak tidur, mengawasi rumah mereka dari jauh. Mereka khawatir tinggi genangan terus meninggi.

Selain rumah warga, rumah dinas Kejaksaan Negeri Pamekasan, juga terendam air. Tinggi genangan di rumah dinas tersebut dilaporkan rata-rata 60 cm, bahkan rumah yang berdekatan dengan sungai Blumbungan, ketinggian airnya mencapai satu meter.

Raden Ayu, penghuni rumah Kejaksaan mengatakan, air tiba-tiba datang, tetapi ia bersama keluarga sempat mengamankan komputer dan surat-surat penting lain. [080/070]



Post Date : 08 Desember 2007