SUMUR BOR CUKUPI AIR DI SRIMARTANI; Warga yang Membutuhkan, Berlangganan

Sumber:Kedaulatan Rakyat - 07 Oktober 2005
Kategori:Air Minum
PIYUNGAN (KR)-Untuk mendapatkan air bersih, warga Srimartani Piyungan Bantul akan membuat sumur bor di pedukuhan Petir. Jika sudah tercapai, nantinya airnya akan dialirkan ke beberapa pedukuhan seperti Kemloko, Kembangsari, Bulusari, Sanansari dan Petir.

Hal itu diungkapkan Lurah Srimartani Piyungan Bantul, Ruspamuji pada KR di kantornya, Kamis (6/10). Menurut Ruspamuji, dana pengeboran sumur ini dari Disperindagkop DIY. Pengerjaan sumur baru akan dilakukan minggu depan. Dan diharapkan air dari sumur ini dapat memenuhi kebutuhan warga di Srimartani, sehingga pada musim kemarau tidak kesulitan air.

Air tersebut, nantinya akan ditampung di dalam bak besar yang akan dibuat di dekat sumur dan akan dialirkan ke pedukuhan-pedukuhan yang membutuhkan dengan sistem berlangganan. Sedangkan pengelola air sumur nantinya akan diserahkan pada kelompok-kelompok yang bertugas untuk mengatur aliran air tersebut. Uang langganan akan dimanfaatkan sebagai biaya perawatan dan perbaikan dari sumur tersebut jika ada kerusakan atau hambatan.

Kebutuhan akan air bersih di beberapa pedukuhan di kelurahan Srimartani sangat mendesak, karena selama ini ada beberapa pedukuhan yang warganya harus membeli air bersih untuk kebutuhan sehari-harinya. Sehingga jika sumur bor ini dapat segera direalisasikan, maka diharapkan akan bermanfaat bagi warga.

"Selain itu dapat pula mengurangi biaya untuk pembelian air. Karena dengan sistem berlangganan, tentunya akan lebih murah dibandingkan jika mereka harus membeli air setiap hari," ujar Ruspamuji. (Dod)-d.

Post Date : 07 Oktober 2005