Sumur Artesis Hasilkan Debit di Atas 30 Liter/Detik

Sumber:Suara Merdeka - 21 November 2007
Kategori:Air Minum
ARGOMULYO- Sumur artesis baru yang digarap Dinas Pekerjaan Umum (DPU) di RW 10 Dukuh Nobokulon Kelurahan Noborejo, Kecamatan Argomulyo, mampu mengeluarkan air lebih dari 30 liter/detik.

Temuan sumur baru itu, di luar perkiraan awal yang hanya mampu mengeluarkan air sekitar lima liter/detik. Kepala DPU Ir H Saryono mengatakan, karena debit air yang mengalir di tempat itu cukup besar maka akan dijadikan sumber air dan disalurkan di wilayah sekitarnya.

''Kalau perkiraan awal debit air sumur lima liter/detik, maka hanya diperuntukkan bagi warga sekitar dalam radius kecil. Tetapi karena debitnya cukup besar, bisa dikelola untuk sumber air warga di kawasan sekitarnya,'' katanya.

Ditemukannya sumber air dengan debit cukup besar tersebut merupakan angin segar bagi warga sekitar yang setiap tahun selalu dilanda kekeringan. Sebagaimana diketahui, di Kelurahan Noborejo, Kelurahan Randuacir, dan Kelurahan Kumpulrejo, setiap musim kering warga selalu kekurangan air bersih.

Aliran Sungai

Menurut Saryono, pengelolaan air nantinya akan dilakukan warga dengan melibatkan PDAM. Sesuai dengan peruntukannya, sumur artesis tersebut memang dibuat di beberapa lokasi di Kota Salatiga yang selalu kekurangan air bersih. Sejumlah proyek sumur artesis dari sumber air lainnya seperti di Dukuh Warak, Kecamatan Sidomukti dan Dukuh Bugel, Kecamatan Sidorejo, juga telah menunjukkan bakal memperoleh sumber air bersih. ''Kita bisa memperoleh titik-titik yang tepat untuk mendapatkan sumber air, setelah diawali dengan pengkajian dan hasil geolistrik,'' paparnya.

Sebelum dipastikan mendapatkan air di RW 10 Nobokulon, kontraktor penggarap sumur artesis dan warga dibuat tidak percaya dengan adanya suara gemuruh air di kedalaman 70 meter. Mesin bor kemudian diangkat, dan dimasukkan botol air mineral serta diikat dengan tali. Setelah masuk cukup dalam botol itu seperti terbawa arus, dan saat diangkat sudah berisi air. ''Kemungkinan merupakan aliran sungai bawah tanah sehingga debit air cukup besar,'' ujar Gayun (44) salah seorang pekerja sumur bor. (H2-16)



Post Date : 21 November 2007