Sumber Daya Air dan Lingkungan: Potensi, Degradasi, dan Masa Depan

Pengarang:Robert M. Delinom, Dyah Marganingrum (Ed)
Penerbit:Jakarta, LIPI Press, 2007, x + 262 hal
No. Klasifikasi:333.91 DEL s
Kata Kunci:sumber daya air, tata guna lahan
Lokasi:Perpustakaan AMPL
Kategori:Buku

Sumber daya air merupakan sumber daya yang sangat vital bagi kehidupan manusia. Untuk memenuhi syarat kehidupan yang sehat, setiap manusia paling tidak memerlukan 100 liter air setiap harinya. Banyak kegiatan lain yang dilakukan manusia yang sangat tergantung dengan ketersediaan air, seperti kegiatan industri dan pertanian. Air dapat diperoleh dari air permukaan, air tanah, dan air hujan di beberapa daerah tertentu. Dengan semakin bertambahnya penduduk, tekanan terhadap kualitas dan kuantitas sumber daya air semakin meningkat. Hal tersebut telah menjadi masalah lingkungan yang penting di awal abad ke dua puluh satu. Meskipun penting dan menjadi langka, pada kenyataannya sumber daya air tidak dikelola dengan baik.

Di seluruh dunia, sumber daya air yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan daerah perkotaan dan pertanian telah mengalami pencemaran, baik oleh pupuk maupun limbah kimia organic maupun anorganik dari berbagai kegiatan yang ikut terbawa oleh proses run off (aliran permukaan). Hal ini tentu saja akan mengurangi potensi sumber daya air yang layak digunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Untuk mengurangi hal tersebut di masa mendatang, pengelolaan sumber daya air yang didukung oleh sistem pemantauan dan pengawasan yang ketat dan mudah dipahami sangatlah diperlukan.

Buku ini, yang merupakan sajian mengenai hasil penelitian yang dilakukan oleh Puslit Geoteknologi – LIPI, diharapkan akan menambah khazanah pengetahuan masyarakat mengenai kondisi sumber daya air di Indonesia pada saat ini.

Daftar isi:
Kata Pengantar
Prakata
Daftar isi
- Dampak Perubahan Iklim terhadap Neraca Air Pulau Siberut
- Dampak Perubahan Tata Guna Lahan terhadap Ketersediaan Air Tanah di DAS Citanduy Berdasarkan Koefisien Infiltrasi - Pengaruh Hidromorfologi dan Keterdapatan Air Tanah di Pesisir Pantai Karanganyar, Kebumen, Jawa Tengah
- Optimalisasi Sumber Daya Air Di Wilayah Pesisir
- Evaluasi Dinamika Air Tawar Pulau Kecil
- Tata Air dan Kerentanan Lingkungan Lahan Gambut
- Air Tanah Dangkalsebagai Sumber Air Bersih Kota Palangkaraya
- Kajian Sumber Daya Air Subdas Bontang, Kalimantan Timur
- Pemetaan Mata Air Di Kabupaten Belu, NTT
- Daur dan Tata Air Daerah Podzol Tropis di Kalimantan
- Distribusi Spasial dan Temporal Curah Hujan Rata-Rata Tahunan Tipe Orografik untuk Menduga Angka Koefisien Aliran Di Cekungan Bandung
- Demonstrasi Leaching Logam Berat sebagai Dampak Lingkungan Pasca Penambangan Timah Di Pulau Bangka, Indonesia
- Kondisi Citarum Saat Ini dan Strategi Pengendaliannya
Indeks Penulis
Indeks Kata Kunci



Post Date : 02 April 2008