Sudahkah Anda Menggunakan Kertas secara Bijak (A Practical Guide)

Pengarang:Rully Syumanda
Penerbit:Jakarta, WALHI, 16 hal
No. Klasifikasi:577.276 SYU s
Kata Kunci:petunjuk praktis menggunakan kertas, global warming - prevention
Lokasi:Perpustakaan AMPL
Kategori:Petunjuk

Bayangkan sehari tanpa kertas Kertas muncul dalam keseharian aktivitas manusia. Digunakan untuk menulis, mencetak surat, membungkus kado, brosur penawaran, popok bayi, pembungkus sayur mayor di pasar tradisional, dan banyak lagi.
 
Meski pemakaian perkapitanya kecil, Indonesia memiliki tujuh industri pulp dan kertas. Masing-masing tidak bias dilepaskan dari sejarah panjang perusakan hutan, pencemaran air dan udara, dan pelanggaran HAM terhadap masyarakat dan buruh.
 
Apa yang terjadi dari proses pembuatan kertas berkaitan dengan kita. Kebiasaan-kebiasaan kita dalam menggunakan kertas secara langsung ikut berkontribusi terhadap “keberlanjutan” sejarah tersebut. Sudahkah kita menggunakan kertas dengan bijaksana Tahukah kita bagaimana sebuah kertas diproduksi dan apa kaitannya dengan kualitas hutan dan kehidupan masyarakat dimana kertas dihasilkan
 
Guideline ini ditujukan untuk memenuhi pertanyaan tersebut. Mudah-mudahan kita bisa menjadi pengguna yang bertanggung jawab tidak hanya kepada material yang kita konsumsi namun juga berkontribusi terhadap penyelamatan hutan alam tersisa.

Daftar Isi:

Pendahuluan
Kerusakan Hutan Alam Indonesia
Darimana Kertas Berasal
Berapa Banyak Kayu yang Dibutuhkan untuk Pembuatan Kertas
Bahan-Bahan Kimia yang Digunakan dalam Pembuatan Pulp
Berapa Air yang Dibutuhkan
Mengapa Penggunaan Klorin Berbahaya
Bagaimana Mengurangi Pemakaian Kertas Di tempat Anda
Gunakan Kertas dengan Bijaksana
Pastikan Bahwa Anda Memang Perlu Mencetak
Manfaatkan Technology
 



Post Date : 03 Juli 2008