Sragen Miliki AMDK Sendiri

Sumber:Kedaulatan Rakyat - 01 Februari 2006
Kategori:Air Minum
SRAGEN (KR) - Potensi alam yang dimiliki Kabupaten Sragen terus dikembangkan demi kemajuan perekonomian. Salah satunya adalah potensi mata air di Desa Tunggon, Kecamatan Kedawung yang oleh investor dimanfaatkan dengan membangun pabrik Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) dengan merek Royan.

AMDK merek Royan yang dikembangkan oleh PT Tirta Alam Tunggon selama lebih kurang lima tahun terakhir ini tentunya menjadi kebanggaan tersendiri bagi warga Sragen. Di tengah persaingan yang cukup ketat dengan banyaknya merek AMDK, Sragen memiliki AMDK sendiri.

Direktur PT Tirta Alam Tunggon, Untung Wibowo Sukowati, kepada KR mengatakan, perkembangan bisnis yang dijalankannya ini memang cukup menggembirakan. Selama lima tahun terakhir, pemasaran dari AMDK Royan ini sudah meliputi seluruh Wilayah Jateng dan DIY. Bahkan, sudah masuk ke Jawa Timur bagian barat. Kami sudah memiliki agen di kota-kota besar seperti Solo, Yogya, Semarang, Pati dan Ngawi, ujar Untung.

Kapasitas produksi pabrik pun semakin meningkat dari hari ke hari. Saat ini, produksi per harinya mencapai sebanyak 2 ribu karton. Sehingga, ke depan Untung optimis bisnis ini akan terus berkembang, baik dari segi produksi maupun area pemasarannya. Apalagi AMDK Royan ini sudah memperoleh sertifikat standar Nasional (SNI) dan sertifikat halal dari Majelis Ulama Indonesia(MUI) Jawa Tengah, setelah melalui serangkaian uji produk dan verifikasi lapangan.

Seiring semakin dikenalnya AMDK kebanggaan warga Sragen ini, perusahaan terus mengembangkan usahanya. Produksi yang semula hanya dalam bentuk AMDK gelas, perusahaan pun kemudian memroduksi dalam bentuk galon. Setiap hari, produksi jenis galon mencapai 300 galon.

Sesuai dengan slogan kami yaitu segar bikin bugar Royan ini akan menjadi kebanggaan warga Sragen dan bisa bersaing dengan air mineral lain yang sudah ada duluan, jelas Untung.

Satu hal lagi yang penting dilakukan perusahaan, tambah Untung, adalah dengan terus membina kemitraan yang cukup baik dengan para agen. Agen besar di Yogyakarta, Solo, dan kota lain akan diberi kemudahan dalam pengiriman barang dan sebisa mungkin tepat waktu. Tentunya dengan harga yang bersaing dengan merek lain yang sudah ada. -k.

Post Date : 01 Februari 2006