Sosialisasi dan Pelatihan Sampah Berbasis Masyarakat

Sumber:Suara Merdeka - 23 Januari 2009
Kategori:Sampah Luar Jakarta

YOGYAKARTA - Dalam upaya mengurangi volume sampah dan pemanfaatannya menjadi potensi yang bermanfaaat, LPMK Kelurahan Pringgokusu­man Gedong Tengen, menggelar sosialisasi dan pelatihan pemilahan serta pengolahan sampah berbasis masyarakat.

Kegiatan yang diikuti warga kelurahan tersebut secara resmi pelaksanaannya dibuka langsung Wali Kota H Herry Zudianto di aula Kelurahan Pringgokusu­man, kemarin.

Dalam kesempatan itu, Herry mengatakan, acara tersebut me­ru­pakan bentuk nyata bagi ke­lestarian lingkungan alam Kota Yogyakarta agar semakin lebih baik bagi kehidup­an manusia terutama generasi selanjutnya.

’’Bagaimana situasi lingkungan pada masa mendatang baik kalau tidak mulai sekarang kita kelola dengan benar,’’ katanya yang langsung disambut tepuk tangan peserta sosialisasi dan latihan.

Petaka

’’Marilah kita sedekahkan hidup kita untuk memelihara dan nguri-uri alam ini demi generasi mendatang, ja­ngan sampai ulah kita sekarang menjadi petaka bagi generasi penerus kelak,’’ tuturnya.

Lebih lanjut dia menerang­kan, banyak yang bisa kita laku­kan untuk menjaga alam lingkungan, di antara­nya mengelola sampah, menghemat air dengan membuat banyak peresapan air, menggalakkan penghijauan di pekarangan-pekarangan kosong, dan pemakaian sepeda untuk aktivitas sehari-hari sehingga bisa menghemat energi.

Sementara itu, Lurah Pring­go­kusuman Saptohadi SIP menjelaskan, persoalan sampah di masyarakat bukan sepenuhnya tanggung jawab pemerintah namun warga sendiri juga harus ikut bertanggung jawab.

Masyarakat sebagai produsen sampah harus bisa membantu mengurangi volume sampah dengan memilahnya sejak di tingkat rumah tangga. ’’De­ngan pemilahan sampah ini diharapkan volume sampah bisa turun sampai 30%,’’ tandasnya. (sgt-70)



Post Date : 23 Januari 2009