Songka -Takkalala KrisisAir Bersih

Sumber:Koran Sindo - 11 April 2008
Kategori:Air Minum

PALOPO(SINDO) – Sedikitnya 200 kepala keluarga (KK) yang bermukim di Kel Takkalala dan Songka mulai mengalami krisis air bersih.

Krisis tersebut sangat dirasakan warga yang bermukim di Jalan Pantai I dan II, Kel Songka. ”Sudah hampir seminggu ini kami tidak lagi menikmati air bersih dari PDAM.Padahal,setiap bulannya kami membayar biaya beban air,”keluh seorang warga, Islamuddin, 45, kepada anggota Komisi II DPRD Palopo kemarin.

Dia menuturkan, warga yang bermukim di Songka dan Takkalala hanya dapat menikmati air bersih PDAM sekitar pukul 02.00 Wita sejak adanya pengaliran air secara bergilir. Namun, pengaliran air itu pun hanya berlangsung satu jam sehingga tidak dapat memenuhi kebutuhan warga secara maksimal.

”Air masih mengalir tapi tidak masuk ke dalam rumah. Kami terpaksa mengambil air dari keran yang berada di luar rumah lalu dimasukkan ke dalam untuk kebutuhan sehari-hari.Tapi, kami tidak bisa terus-terusan begadang untuk menunggu air,” lanjut dia. Ironisnya lagi, ujar dia, armada yang dipergunakan untuk mendistribusikan air bersih sudah tidak pernah lagi masuk ke wilayah tersebut.

”Dulu itu masih ada dua tangki yang masuk ke wilayah kami meski jumlah debit air yang dibawa sangat minim. Tapi, kok sekarang sudah tidak ada lagi mobil tangki yang masuk,”tanya dia. Warga lain yang bernama Edy, 50 mengaku, krisis air bersih yang dialami warga setempat sudah menjadi persoalan besar.

”Baru-baru ini, ada seorang anak yang menangis kehausan karena sudah tidak ada lagi air bersih yang dapat dimasak.Ini kan sudah sangat parah.Makanya kami meminta kepada DPRD Palopo untuk mengatasi persoalan ini,”tegas dia. Perihal krisis air bersih ini, ujar dia,sudah dilaporkan ke PDAM Palopo.

Namun, hingga saat ini PDAM belum menyikapi laporan masyarakat tentang keluhan air bersih ini. Terkait hal tersebut, DPRD Palopo menjadwalkan akan memanggil Direktur Utama PDAM Nurlan Baslan untuk mencari alasan penyebab hal tersebut dan mencari solusi yang terbaik. ”Karena hal ini persoalan umat,maka besok (hari ini) kami akan memanggil PDAM,” kata anggota Komisi II DPRD Palopo Taming. (mulyadi abdillah)



Post Date : 11 April 2008