Soal Air Bersih, Puluhan Warga Datangi PDAM

Sumber:Suara Merdeka - 06 Juni 2006
Kategori:Air Minum
PEMALANG - Puluhan warga Desa Sodong, Kecamatan Belik, Pemalang mendatangi PDAM Senin (5/6) kemarin. Mereka meminta agar jaringan pipa air bersih masuk ke wilayahnya. Kedatangan mereka cukup mengagetkan karyawan perusahaan pengelola air bersih itu.

Massa yang dipimpin oleh Yusin langsung diterima Dirut PDAM H Minto Mulyono SIP. Perwakilan warga kemudian diajak dialog di ruang rapat yang dipantau sejumlah aparat keamanan.

''Kami hanya minta kejelasan kapan jaringan air bersih masuk ke daerah kami. Karena dahulu pernah dijanjikan Maret 2006 sudah dapat terealisasi. Nyatanya sampai sekarang belum,'' kata Yusin seusai dialog.

Menurutnya, di Desa Sodong ada tiga sumber mata air, yaitu Telaga Beng, Telaga Gede, dan Telaga Sawangan. Selama ini ketiganya sudah dimanfaatkan. Sawangan dimanfaatkan sebagian warga Sodong secara swadaya. Mereka menyalurkan air bersih dengan selang. Telaga Beng dimanfaatkan untuk daerah Kawedanan Randudongkal. Adapun Telaga Gede dimanfaatkan PDAM untuk kebutuhan air bersih masyarakat perkotaan.

Fasilitas Air Bersih

Jumlah warga Sodong seluruhnya sebanyak 1.500 keluarga. Hingga kini yang belum merasakan fasilitas air bersih sebanyak 750 keluarga. Sebagian dari mereka itulah yang kemarin mendatangi PDAM.

Dirut PDAM H Minto Mulyono SIP mengatakan, pemanfaatan sumber daya alam seperti mata air dilakukan melalui proses. Di antaranya perlu ada izin dari gubernur serta dipertimbangkan kemampuan anggaran yang ada untuk membangun jaringan, sehingga tidak bisa keinginan warga seketika itu dikabulkan.

Namun dia berjanji akan mengusahakan hal itu. (sf-29v)

Post Date : 06 Juni 2006