Sistem Pengelolaan Lingkungan dan Limbah Industri

Pengarang:Ir. Perdana Ginting, MS
Penerbit:Bandung, Yrama Widya, 224 hal, 2007
No. Klasifikasi:697.9316 GIN s
Kata Kunci:lingkungan, sistem pengelolaan, limbah industri
Lokasi:Perpustakaan AMPL, Perpustakaan Emil Salim Kementerian Negara Lingkungan Hidup, Telp : 021-8580081.
Kategori:Buku

Akhir-akhir ini kegiatan industri mulai menjadi perhatian masyarakat secara serius karena berbagai dampak yang ditimbulkannya antara lain menggunakan bahan baku yang tidak dapat dipulihkan, menggunakan bahan baku yang dapat merusak ekosistem dan membuang limbah yang dapat mencemari lingkungan hidup. Isu ini semakin hari semakin popular dengan menggunakan tena-tema yang sederhana yaitu kerusakan lingkungan yang abadi, sumber daya alam yang semakin tipis, kerusakan hutan hujan tropis, instalasi pengolah limbah yang tidak memadai, kerusakan lapisan ozon dan lain-lain.

Di samping itu setiap pembangunan kegiatan industri muncul isu regional dan berbagai masalah lain seperti lokasi industri, pencemaran lingkungan, kebisingan, alokasi tenaga kerja, kesehatan lingkungan, kepadatan penduduk, pembangunan industri yang menimbulkan konflik sosial ekonomi dan sosial budaya serta industri yang tidak serasi lingkungan.

Untuk dapat hidup dalam pembangunan berkelanjutan, apabila pembangunan industri berada dalam kondisi industri yang berwawasan lingkungan yaitu industri berusaha memelihara kestabilan dan melestarikan ekosistemnya. Tindakan yang diperlukan untuk melestarikan ekosistem industri adalah mencegah pencemaran, mengurangi emisi-emisi, melestarikan keanekaragaman hayati, menggunakan sumber daya biologi terpulihkan secara berkelanjutan, dan mempertahankan keterpaduan ekosistem satu dengan ekosistem lainnya.

Buku ini memperkenalkan system pengolahan limbah beserta prosesnya. Buku ini ditujukan sebagai bacaan untuk siswa SMU, mahasiswa dan masyarakat yang peduli dengan lingkungan terutama aparat pemerintah yang bertugas mengelola lingkungan hidup.

Dafar isi:

Kata Pengantar
Daftar Isi
Daftar Tabel
Bab 1 Dampak Limbah Industri terhadap Lingkungan
Bab 2 Sumber Limbah dan Karakteristiknya
Bab 3 Sistem Pengendalian Pencemaran Industri
Bab 4 Teknologi Pengolahan Limbah Cair
Bab 5 Peranan Mikro Organisme dalam Pengolahan Limbah
Bab 6 Metode Pengolahan Limbah dengan Aplikasi Lahan
Bab 7 Pengolahan Limbah Pabrik yang Menggunakan Bahan Baku Minyak Kelapa Sawit
Bab 8 Penutup
Daftar Pustaka
Lampiran
 



Post Date : 12 November 2007