Siapkan Pola Pembagian Air

Sumber:Indopos - 04 Januari 2008
Kategori:Air Minum
SINGARAJA - Pemkab Buleleng terus berupaya rebutan air antara Subak Gede Eka Tani Padangbulia dengan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Buleleng, tak berlarut-larut. Kemarin, tim teknis pemkab yang dikoordinir Kasi Irigasi Bidang Pengairan Dinas Pekerjaan Umum Buleleng Nyoman Bagiarsa survei dan mematangkan rencana pembagian air Pangkung Dalam.

"Kita sudah siapkan sejumlah opsi pola pembagian sumber air sehingga dirasa adil kedua belah pihak," jelas Bagiarsa, kemarin usai melakukan survei lokasi.

Bagiarsa menjelaskan bahwa, sistem pembagian sumber air sesuai dengan kesepakatan yang telah dibuat antara subak dengan PDAM akan mengacu pada pola pembagian air yang kerap digunakan dalam subak. "Kita usulkan agar pembagian sumbar air dilakukan dengan cara atau pola Temuku atau Pemaroan. Pembagian air secara merata, sesuai konsep subak yang telah berlangsung selama ini," tandasnya.

"Untuk menggunakan pola Temuku itu, haruslah ada dua bak penampung yang diisi dengan air yang berasal dari sumber air yang telah sepakat dibagi dan/atau menggunakan bak milik PDAM yang dibagi menjadi dua bagian sehingga pembagian air dapat dilakukan secara adil dan merata sesuai dengan harapan yang dikehendaki kedua belah pihak," tegas Bagiarsa.

Direktur PDAM Buleleng, Nyoman Artha Widnyana menyatakan, pihaknya selalu menghormati upaya maupun langkah terbaik pemerintah dan juga pihak subak sehingga menemukan jalan terbaik bagi semuannya."Kita dukung upaya ini, termasuk langkah-langkah proaktif pra realisasi pembaginan air yang akan dilakukan 14 Januari 2008. Dengan upaya seperti ini, kita berharap pada saat realisasi pembagian sumber air berikut sejumlah kesepakatan yang lain dapat berjalan dengan aman, lancar, dan damai," jelasnya.(frs)



Post Date : 04 Januari 2008