Shit Matters: The Potential of community-Ied total sanitation

Pengarang:Lyla Mehta, Synne Movik (ed)
Penerbit:Warwickshire, Practical Action Publishing, 2011; xx, 270 hal + tabel + gambar
No. Klasifikasi:363.72 SHI
Kata Kunci:Sanitasi, Penelitian, CLTS, Perilaku hidup bersih dan sehat
Lokasi:Perpustakaan Pokja AMPL, Telp. 021-31904113
Kategori:Buku

Sejak dahulu sampai saat ini, sanitasi tetap menjadi salah satu tantangan besar.  Banyak hal yang berhubungan dengan sanitasi dianggap tabu untuk dibicarakan oleh masyarakat.  Perhatian dan upaya pembangunan sanitasi sudah banyak dilakukan, akan tetapi tidak sedikit yang mengalami kegagalan. Penyediaan jamban atau toilet tidak menjamin penggunanya untuk berperilaku  hidup bersih dan sehat.

Sejak tahun 2000, pelatihan tentang Sanitasi yang dikenal dengan nama Community Led Total Sanitation (CLTS) di beberapa pedesaan di Bangladesh memberikan alternatif pendekatan yang lain dalam hal sanitasi yaitu dengan berfokus untuk memfasilitasi perubahan perilaku masyarakat melalui teknik teknik partisipatif. Dengan teknik ini diharapkan  masyarakat memiliki kesadaran akan hubungan antara buang air di ruang terbuka dengan timbulnya penyakit. Disini masyarakat di dorong untuk menganalisa situasi sanitasi di lingkungan sekitarnya dan mengambil tindakan yang tepat untuk mengatasi permasalahan yang terjadi.

Pendekatan yang dilaksanakan di Bangladesh terbukti keberhasilannya. Hal ini banyak diimplementasikan di berbagai negara. Saat ini setidaknya sudah  40 negara yang memiliki potensi yang sama untuk mengatasi masalah CLTS yang juga merupakan salah satu tujuan dari tujuan pembangunan Milenium.

Buku ini merupakan hasil penelitian tentang potensi dan tantangan CLTS di Bangladesh, India dan Indonesia disertai dengan berbagai pengalaman di Afrika yang penting dibaca oleh siapapun yang tertarik dalam pengembangan kesehatan dan kebijakan publik khususnya yang berhubungan dengan sanitasi.



Post Date : 05 Desember 2011