Selokan Meluap, Tegal-Purwokerto Banjir

Sumber:Suara Merdeka - 15 April 2005
Kategori:Banjir di Luar Jakarta
SLAWI - Rupanya tidak hanya luapan air sungai yang sering membuat repot jalur Tegal-Purwokerto. Di Desa Prupuk Utara, Kecamatan Margasari, Kabupaten Tegal, luapan selokan di kiri-kanan jalur itu, membuat banjir dan menghambat arus kendaraan.

Luapan air selokan, menurut sejumlah warga, berasal dari berbagai sungai di sekitar desa tersebut. Antara lain, yang terbesar berasal dari aliran Sungai Glagah di Desa Prupuk Selatan.

"Kalau hujan deras turun, jalur Tegal-Purwokerto di Desa Prupuk Utara tidak bisa dilewati kendaraan angkutan penumpang dan barang. Sebab, genangan airnya cukup tinggi," tutur Tarsono (32), warga Desa Prupuk Utara yang turut membantu pengaturan arus lalu lintas di lokasi banjir.

Jalan yang tergenang, kata dia, sebenarnya hanya sepanjang 60 meter, namun cukup merepotkan kendaraan, baik angkutan barang maupun penumpang.

Sejauh pantauan Suara Merdeka, banjir yang terjadi bukan saat hujan deras turun, melainkan hingga beberapa hari. Genangan air yang menutup jalan baru surut hingga satu minggu. Dengan catatan, selama satu minggu tidak turun hujan.

Layangkan Surat

Komisi C DPRD II Kabupaten Tegal yang melakukan peninjauan, berniat melayangkan surat ke DPU Bina Marga, karena jalan yang tergenang sudah rusak berat. Banyak kendaraan yang terperosok dan asnya patah, seperti truk dan bus.

Selain itu, menurut Ketua Komisi C Sofiyudin SAg MPd, surat dilayangkan pula ke DPU Subdin Pengairan Kabupaten Tegal, karena instansi tersebut yang berwenang menangani soal pembangunan saluran.

Dia mengatakan, banjir di Kecamatan Margasari yang menjadi jalur vital arus angkutan barang dan penumpang, sebetulnya bukan hanya terjadi di lokasi itu. Di jalan underpass (jalan di bawah jembatan rel kereta api-Red) di Desa Prupuk Utara, juga sering banjir. Itu jika turun hujan deras dan pompa penyedot tidak bisa berfungsi secara maksimal.

Kasubdin PU Pengairan Kabupaten Tegal Drs Harwiyanto mengatakan, pihaknya kini tengah mengkaji perbaikan saluran selokan yang berada di kiri-kanan jalan raya di Desa Prupuk Utara. Untuk memperbaiki selokan agar air tidak meluap ke jalan, pihaknya membutuhkan dana pembangunan tidak sedikit. (D12-74)

Post Date : 15 April 2005