Sejumlah Wilayah Jakut Tergenang

Sumber:Koran Tempo - 24 Desember 2008
Kategori:Banjir di Jakarta

JAKARTA (SINDO) – Hujan dengan intensitas ringan namun berdurasi cukup lama sejak Senin (22/12) malam hingga kemarin pagi,mengakibatkan sejumlah titik di Jakarta Utara tergenang.

Banjir kali ini terbilang cukup parah karena ditambah dengan banjir air laut pasang (rob).Ketinggian air menyebabkan lumpuhnya sejumlah akses jalan. Banjir melanda tiga kecamatan di Jakarta Utara,yakni Pademangan, Penjaringan, dan Cilincing.Ketinggian air di Jalan Teluk Gong Raya,Pejagalan dan Jalan Kapuk Muara, Kamal,Kecamatan Penjaringan mencapai 25 cm.

Sementara itu di Jalan Lodan Raya, Kampung Bandan, Kelurahan Ancol, Pademangan, ketinggian air mencapai 50 cm. Banjir juga melumpuhkan sejumlah akses ke permukiman warga di Kompleks Gaya Motor RT 01,02,03,dan 04 RW 08, Semper Timur, Cilincing. Jalan menuju permukiman tergenang air yang mencapai 15–20 cm.Wakil Camat Pademangan Sunyoto mengatakan, banjir kali ini cukup tinggi. ”Tidak bisa dilalui kendaraan,” kata Sunyoto kemarin.

Akibatnya, kendaraan yang memaksa berputar menyebabkan kerumitan lalu lintas dan menyebabkan kemacetan dalam waktu cukup lama. Di sepanjang Jalan RE Martadinata, ketinggian air menggenang hingga depan pos I Tanjung Priok. Banjir mulai terjadi pukul 04.00 WIB mulai surut pukul 12.00 WIB. Sementara itu, sebuah pohon angsana di halaman Gedung Balai Pustaka, Jalan GunungSahari, JakartaPusat, kemarin pagi tumbang dan menimpa Parijan, 35, seorang pengendara sepeda motor. Akibat insiden tersebut, pria asal Desa Gedong RT 04/09, Wonogiri, Jawa Tengah ini mengalami luka ringan akibat terkena ranting pohon.

Sementara itu, bagian depan sepeda motor Supra X dengan nomor polisi B 6985 NGG yang ditumpangi korban ringsek.Tidak hanya itu, peristiwa ini juga membuat arus lalu lintas menjadi macet. Parman, 45, saksi mata, menuturkan bahwa peristiwa tersebut terjadi sekitar pukul 10.00 WIB.Ketika itu,korban melintas dari arah Senen menuju Gunung Sahari. Setibanya di lokasi kejadian, tiba tiba pohon yang berada di halaman Balai Pustaka tumbang. ”Beruntung korban berhasil menghindar setelah loncat dari motornya,” kata Parman.

Selain Jakarta Pusat, peristiwa pohon tumbang juga terjadi di Jakarta Selatan, tepatnya di Jalan Kalibata. Pohon jenis angsana yang berada di sekitar eks pabrik Sepatu Bata ini mengakibatkan arus lalu lintas Cawang–Pasar Minggu, tersendat.Antrean kendaraan tampak terlihat di kedua ruas jalan tersebut.Pohon tumbang juga terjadi di Jalan Hasyim Ashari, Jakarta Barat dan Warakas,Jakarta Utara. (isfari hikmat/sucipto)



Post Date : 24 Desember 2008