Sejumlah Daerah Dilanda Banjir

Sumber:Koran Sindo - 08 Desember 2007
Kategori:Banjir di Jakarta
TANGERANG(SINDO) Hujan deras yang mengguyur Kota dan Kabupaten Tangerang sejak Kamis (6/12) malam hingga kemarin menyebabkan sejumlah wilayah kembali dilanda banjir.

Berdasarkan pantauan, banjir melanda Perumahan Total Persada, Pondok Arum, Bugel Indah, Priuk Damai, Alam Jaya, dan Mutiara Pluit, dengan ketinggian air mencapai selutut orang dewasa. Sarman, salah seorang warga RT 05/06 Perumahan Total Persada, mengaku terpaksa kembali ke tempat pengungsian karena air kembali naik.

Kami pulang lagi ke pengungsian karena rumah telah terendam, kata bapak tiga anak ini saat di Masjid Mujahidin Total Persada,kemarin. Sementara itu,hingga kemarin siang,petugas gabungan dari Tim SAR Dinas Sosial Kabupaten Tangerang masih sibuk mengevakuasi warga ke tempat yang lebih tinggi.

Tampak sejumlah bantuan mulai datang ke lokasi banjir, di antaranya ribuan kardus mi instan dan satu unit pompa air. Ini kami lalukan atas partisipasi masyarakat, kata Ketua Karang Taruna Kabupaten Tangerang Dedi Kurniadi. Juru bicara Pemkot Tangerang Saeful Rohman mengaku telah mengirimkan bantuan berupa satu ton beras ke seluruh lokasi banjir.

Selain itu, kami telah menyiagakan delapan pompa air untuk menyedot kembali air, tandasnya. Sementara itu, seorang anak bernama Suwanda, 5,warga RT 02/01 Desa Dadap Sawah, Kec Kosambi, Kab Tangerang, meninggal karena diduga terserang diare. Sujai, ketua RW setempat, mengatakan bahwa diare yang dialami korban karena banjir yang melanda desanya.

Di sini memang kami kesulitan air bersih dan jarang menerima bantuan,ungkapnya. Pemkot Bekasi membuat bangunan pengendali banjir pintu sorong Kali Rawa Tembaga, Bekasi Selatan. Pembangunan pengendali banjir ini untuk meminimalisasi banjir di wilayah Kecamatan Bekasi Selatan.

Pembuatan bangunan pengendali banjir yang menelan dana sebesar Rp1,7 miliar dari APBD 2007 ini rencananya selesai akhir tahun ini. Kabid Tata Air Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Bekasi Rusfendi mengatakan, tidak adanya bangunan pengendali banjir di Kali Rawa Tembaga membuat sejumlah perumahan di Kecamatan Bekasi Selatan seperti, Perumahan Bumi Satria Kencana (BSK), Perumahan Kejaksaan, Perumnas I dan II, dan Kayuringin kerap dilanda banjir. (denny i/wahab f)



Post Date : 08 Desember 2007