Sebagian Kawasan Kota Wisata Sempat Kebanjiran

Sumber:Kompas - 30 November 2005
Kategori:Banjir di Luar Jakarta
Bekasi, Kompas - Hujan lebat yang mengguyur pada Selasa (29/11) sempat menggenangi kawasan permukiman elite Kota Wisata di daerah Cibubur, Bogor, khususnya di cluster Pesona Florida.

Di jalanan, ketinggian air mencapai satu meter. Karena posisi rumah pada umumnya lebih tinggi dari jalan, air umumnya hanya menyentuh bibir garasi. Tetapi, di salah satu rumah air sempat masuk ke dalam rumah selama dua jam dengan ketinggian maksimal 80 sentimeter.

Ketika dipantau Selasa petang, genangan air sudah surut. Namun, sisa banjir sesaat itu masih terlihat jelas. Sampai kemarin malam sejumlah pekerja di kompleks permukiman mewah ini masih bekerja membersihkan lumpur yang mengendap di jalan lingkungan permukiman. Ribuan liter air digunakan untuk menyiram jalanan.

Tadi air masuk sampai ke dapur dan kamar tidur sopir yang berada di belakang garasi. Alat- alat dapur saya rusak terendam banjir, kata Suharjito, warga di Blok O-3.

Tika Hong, warga Blok O-8, mengaku kaget karena kompleks mereka kebanjiran. Tika pun merekam peristiwa banjir tersebut dan sekaligus mengambil fotonya. Baru kali ini ngerasain banjir. Air memang belum masuk sampai ke rumah, tetapi jalanan sudah terendam semua, ujar Tika yang juga pengurus RT di kompleks Pesona Florida tersebut.

Suharjito mengaku sudah menghubungi pihak manajemen estate, namun menurut dia, pihak manajemen terkesan menutup diri dan berupaya menutupi peristiwa tersebut. Menurut Suharjito, warga perumahan ini meminta pihak pengembang memperbaiki gorong-gorong. Jangan sekadar membangun cluster baru tanpa memperhitungkan arah pembuangan airnya, kata Suharjito.

Ketika hendak masuk ke kompleks Pesona Florida, Kompas sempat dihalangi oleh tiga petugas keamanan yang berjaga di gerbang kompleks itu. Namun, mereka tidak mau menjelaskan alasan pelarangan itu. Mereka juga membantah bahwa di kompleks perumahan ini sempat terendam banjir.

Tadi bukan banjir, cuma air masuknya agak tinggi saat hujan deras tadi siang. Selesai hujan, air langsung surut, kata Catur Wahyudi, salah seorang petugas keamanan setempat.

Genangan di Jakarta

Di Jakarta, hujan yang mengguyur selama setengah jam saja sudah menyebabkan sejumlah ruas jalan tergenang. Dalam pemantauan Kompas, genangan itu banyak disebabkan tersumbatnya saluran-saluran pembuangan air di sekitar jalan.

Faktor lain adalah posisi badan jalan yang berada di bawah permukaan saluran atau badan jalan yang membentuk cekungan.

Banyaknya lokasi dan tingginya genangan menyebabkan para pengendara memperlambat laju kendaraan. Bahkan, banyak yang berusaha menghindari genangan. Akibatnya, badan jalan yang bisa digunakan untuk lalu lintas hanya satu atau dua lajur.

Di Jalan Yos Sudarso, Jakarta Utara, genangan memanjang sejak dari pintu masuk jalan tol hingga Stasiun Pengisian Bahan Bakar untuk Umum (SPBU) Plumpang.

Genangan juga menyebabkan sebuah taksi terperosok di Jalan Danau Sunter, samping PT Toyota-Astra Motor.

(cok/SAM)

Post Date : 30 November 2005