Sebagian Drainase Akan Disudet

Sumber:Suara Merdeka - 07 November 2007
Kategori:Drainase
SEMARANG- DPU akan segera menyudet dan mengeruk sedimentasi di sejumlah drainase dalam waktu dekat. Pasalnya, banyak saluran di Kota Semarang bagian bawah tersumbat sampah dan kerikil. Akibatnya, nyaris di seluruh kota bawah tergenang banjir beberapa hari belakangan.

Kasubdin Pengairan DPU Kota, Ir Fauzi MT mengatakan, genangan disebabkan hujan lebat. Namun karena sedimentasi di beberapa drainase dan juga ada penyumbatan sampah, akibatnya air meluap ke kawasan sekitar. ''Ketika Kawasan Simpanglima banjir beberapa waktu lalu, saya mengecek ke Kali Semarang, ternyata airnya tidak tinggi. Luapan justru berasal dari drainase sekitar yang tersumbat,'' ujarnya.

Hal serupa juga terjadi di Jl Pemuda dan beberapa jalan protokol. Genangan air di beberapa lokasi itu muncul akibat tersumbatnya saluran di depan DP Mal, Thamrin Square di Jl MH Thamrin, dan Hotel Gumaya di Jl Gajahmada.

Karena itu, DPU juga meminta agar pengelola bangunan setempat turut bertanggung jawab untuk membersihkan. ''Kami sudah kirimkan imbauan ke mereka, juga pengelola bangunan lain,'' ujarnya.

Fauzi menambahkan, pihaknya menyiapkan sejumlah solusi penanganan. Di samping membersihkan sumbatan, mereka akan memperbaiki pompa-pompa air. Banyak pompa yang rusak akibat terlalu sering dipakai. ''Masih butuh beberapa pompa lagi, terutama di Kompleks Kali Banger dan sekitar Jl Madukoro,'' terang dia.

DPU juga akan melakukan penyudetan drainase di Jl Tentara Pelajar ke Kali Jeruk. Dia berharap, normalisasi Kali Tenggang bisa segera dikerjakan kembali. Untuk Kota Semarang bagian atas, dia meminta pengembang mengambil langkah penting, yakni membuat sumur-sumur resapan.

Dalam jangka panjang, pengembang seharusnya melakukan pengendalian dengan membuat lahan konservasi untuk penghijauan. ''Memang mulai sekarang sudah harus ada pengendalian,'' ujarnya. (H12, H9-18)



Post Date : 07 November 2007