SCC Akan Lakukan Uji Kelayakan TPA Nambo

Sumber:Pikiran Rakyat - 04 Agustus 2007
Kategori:Sampah Luar Jakarta
BANDUNG,(PR).-Pemprov Jabar dan Sindicatum Carbon Capital (SCC) Ltd. yang berpusat di Inggris menandatangani nota kesepahaman ( MoU) untuk membuat uji kelayakan TPA di Desa Nambo, Kec. Citeureup Kab. Bogor. TPA itu nantinya diutamakan untuk menangani masalah sampah di Kota Bogor, Kab. Bogor, dan Kota Depok.

Penandatanganan MoU dilakukan oleh Wakil Gubernur Jabar Numan A. Hakim dan Business Development Director SCC Ltd. , Kirk D. Evans, di Grand Hyatt Regency Bandung, Kamis (2/8) malam.

Menurut Numan, pengelolaan sampah itu akan dilakukan dengan teknologi penangkapan gas metan (CO4) sehingga menyerap bau pada TPA. Bila Nambo selesai, ini akan menjadi rujukan semua kota di Jabar. Karenanya Sindicatum tidak boleh terlalu lama menyelesaikan uji kelayakan itu, kata Numan.

Menurut Kepala Badan Pengendali Lingkungan Hidup Daerah (BPLHD) Jabar, Agus Rachmat, dalam kerja sama ini, pemprov diuntungkan karena seluruh pendanaan uji kelayakan (FS) ditanggung oleh Sindicatum. Keuntungan lainnya, kata Agus, Pemprov Jabar akan diperkenalkan pada teknologi baru dalam pengelolaan sampah. Pada tahap FS, kita hanya perlu menyiapkan lahan dan tumpukan sampah. Kita belum menentukan bentuk kerja samanya sampai FS selesai, katanya.

Menurut Business Development Director Sindicatum, Kirk D. Evans, pelaksanaan teknologi landfill dalam pengelolaan sampah memang menjadi prioritas Sindicatum. Sebelumnya, mereka sudah berpengalaman membangun 20 landfill di Cina.

Kami siap mendanai penerapan teknologi di Bogor dan tempat lainnya, kata Kirk. Ia pun menjanjikan FS yang dimulai 13 Agustus nanti bisa selesai sebelum target yang ditetapkan, enam bulan. (A-160)



Post Date : 04 Agustus 2007