SBY Lirik Sanitasi Terpadu

Sumber:Indopos - 07 Agustus 2007
Kategori:Sanitasi
MALANG - Sistem sanitasi terpadu yang digagas dan dibangun pada 1986 lalu oleh Agus Gunarto bersama warga Kampung Tirta Rona, RW 7 Kelurahan Tlogomas, Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang, dilirik Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Rencananya, Agustus 2007 ini, presiden akan memberikan penghargaan berupa Anugerah Satya Lencana Pembangunan 2007 bidang Lingkungan Hidup pada pemkot atas karya warganya itu. Kemarin, tim penilai dari Setmilpres (Sekretaris Militer Presiden) datang ke Malang untuk melihat kondisi lapangan.

Tim juga beraudensi dengan Wali Kota Peni Suparto. Tim dipimpin Laksamana TNI Susanto selaku Kepala Biro Tanda-tanda Kehormatan Setmilpres. "Mereka beraudensi dengan wali kota. Kemudian meninjau lapangan. Tim belum berbicara banyak terkait penilaian tersebut," kata Kabag Humas Pemkot Malang Pait Al wiyono, kemarin.

Pait mengatakan, nominator lain di bidang lingkungan hidup tidak disebutkan oleh tim. Dengan begitu, pemkot berharap bisa mendapat penghargaan bergensi tersebut.

Sistem sanitasi terpadu pernah mengantarkan Agus meraih Kalpataru 1997 lalu. Sistem kerja perangkat sanitasi terpadu sangat sederhana. Yakni mengumpulkan kotoran cair dan padat dari masing-masing rumah ke dalam sebuah septic tank masal yang dibangun di pinggir sungai. Adanya septictank masal ini membuat rumah di sana tak butuh septictank individu. Selain itu, penyebaran bakteri E.coli (penyebab diare) dalam tanah bisa diperlambat

Dengan menggunakan jaringan pipa paralon, semua kotoran dari rumah mengalir ke bak penampung. Dari bak penampung, menggunakan sistem bejana berhubungan, air dialirkan ke bak penyaring untuk disaring. Penyaringnya menggunakan tanaman enceng gondok. Lalu air yang telah relatif jernih dialirkan ke Sungai Brantas. Perangkat yang dibangun Agus bersama warga bisa menampung kotoran dari 100-500 keluarga. (yos)



Post Date : 07 Agustus 2007