Sanitasi dan Air Bersih Indonesia jadi Percontohan

Sumber:Kompas-TV.com - 05 Agustus 2008
Kategori:Sanitasi

Air bersih dan sanitasi yang baik, merupakan elemen yang terpenting dalam menunjang kesehatan manusia. Namun, sayangnya pemenuhan akan kebutuhan tersebut belum dapat sepenuhnya berjalan dengan baik di beberapa belahan dunia.

Seperti halnya negara Laos dan Vietnam. Delegasi dari dua negara ini, terjun langsung melihat daerah-daerah yang pembangunan sanitasi dan air bersihnya telah dibangun menjadi lebih baik di Indonesia.

Para delegasi Laos dan Vietnam ini, terperana melihat keberhasilan proyek sanitasi dan air bersih yang telah digerakkan di Indonesia sejak tahun 2000. Apalagi, melihat rakyat Indonesia yang sangat padat penduduknya, namun kesehatan akan air bersih dan sanitasi, menjadi hal yang paling utama untuk digerakkan.

Tahap awal percontohan ini dimulai dari daerah Tanggerang, Trenggalek, Klaten dan daerah-daerah lainnya yang berada di Jawa Timur untuk melihat dan meninjau langsung peningkatan cakupan sanitasi khususnya di pedesaan.

Dalam kesempatan tersebut, Alkadri berharap dalam pembelajaran ini tak hanya saling tukar menukar pengalaman. Tapi dapat berbagi ilmu antar negara untuk memajukan peningkatan dalam bidang kesehatan, khususnya sanitasi dan air bersih yang sangat dibutuhkan seluruh manusia. Penulis:Dian



Post Date : 05 Agustus 2008