Sampah v Bingkisan Lebaran

Sumber:Indopos - 09 Oktober 2007
Kategori:Sampah Luar Jakarta
Program penukaran sampah versus bingkisan lebaran yang digelar DKLH Kota Probolinggo kemarin berlangsung semarak. Seribu bingkisan lebaran didistribusikan kepada abang becak yang menukarnya dengan sampah. Sampah v bingkisan lebaran digelar di empat titik. Yaitu lapangan Ketapang 80 bingkisan, lapangan Kademangan 165 bingkisan, lapangan Kedopok 347 bingkisan dan lapangan Angguran 365 bingkisan. Bingkisan tersebut berisi 1 kg gula, 1 botol sirup, 5 mis instant, 1 kaleng roti. Baca berita lainnya di halaman ini. Dari acara ini diperkirakan telah terkumpul 20 ribu kubik sampah.

Perbedaan jumlah bingkisan untuk abang becak memang dibeda-bedakan, sesuai dengan jumlah tukang becak yang mangkal di daerah tersebut. Kepala DKLH Budi Krsiyanto menjelaskan paling banyak pangakalan becak memang ada di daerah Angguran dan sekitarnya.

"Jadi ada beberapa janggalan yang dekat dengan pangkalan becak. Kebanyakan itu memang ada disana. Sedangkan di lapangan lain juga banyak tapi jumlahnya relative. Sasaran kita adalah lokasi kerja, jadi meski ada orang kabupaten tidak masalah," ujar kepala dinas yang tampil funky sore kemarin.

Kata Budi, beberapa kontainer dan truk sampah sudah disiapkan di empat lokasi tersebut. Yang jelas akan digunakan sebagai pengangkut sampah yang hasil penukaran ratusan tukang becak tersebut.

"Kami perkirakan ada 20.000 meter kubik jumlah sampah yang terkumpul dari penukaran ini," tambahnya. Menurut kepala dinas yang memiliki banyak inovasi dalam program kerjanya ini, kegiatan ini adalah untuk menggali potensi abang becak untuk peduli dengan lingkungan.

Menurutnya, abang becak memiliki peran dan fungsi penting dalam kebersihan lingkungan. "Ini adalah bagian dari proses untuk pembelajaran kepada masyarakat terhadap kebersihan lingkungan," jelasnya.

Kemarin Radar Bromo menilik sampah v bingkisan di lapangan Kedupok. Lapangan yang masih dalam perbaikan tersebut dijadikan sebagai salah satu lokasi terbanyak kedua jumlah bingkisannya.

Lapangan Kedupok adalah lokasi yang secara resmi dibuka langsung oleh Wali Kota HM Buchori. Hadir juga dalam acara tersebut Wawali Koentjoro Soehadi, Sekda Bandyk Soetrisno, Muspida dan sejumlah pejabat Pemkot.

Tidak sampai terjadi penumpukan dan kekisruhan disana. Semua abang becak berdatangan satu per satu sambil membawa sak karung plastik berisi sampah. Penukaran pun berlangsung tertib dan rapi. Sekitar pukul 16.00 penukaran pun usai. (fa)



Post Date : 09 Oktober 2007