Sampah Penuhi Sungai Ayek Betung

Sumber:Koran Sindo - 30 Maret 2011
Kategori:Sampah Luar Jakarta

PAGARALAM – Meskipun penilaian Piala Adipura di Kota Pagaralam akan dilakukan hari ini, di berbagai titik masih banyak terdapat tumpukan sampah. Seperti di kawasan Sungai Ayek Betung,Kelurahan Beringin Jaya, Kecamatan Pagaralam Utara, tumpukan sampah terlihat jelas dari Jembatan Beringin Jaya.

Tumpukan sampah ter-sebut berdasarkan informasi yang dihimpun SINDO,Selasa (29/3), sudah terjadi sejak delapan tahun silam. Sampai saat ini pun tumpukan tersebut semakin bertambah dan menyebabkan pendangkalan di Sungai Betung yang tidak jauh dari pusat kota tersebut. Selama itu pula, Sungai Ayek Betung belum pernah sama sekali dibersihkan dari tumpukan sampah tersebut.

Menurut Wati, 42, warga yang tinggal di sekitar Sungai Ayek Betung, tumpukan sampah itu sudah ada sejak lama di kawasan sungai pada 2003. Kondisi demikian belum pernah perbaiki atau dilakukan pembersihan. Hingga saat ini belum terlihat pihak pemerintah membersihkan kawasan itu. Bahkan, tumpukan sampah pernah membanjiri sekitar rumahnya akibat aliran sungai yang tertutup sampah dan menyebabkan pendangkalan sungai.

“Sejak saya pertama menempati rumah ini yaitu pada 2003, tumpukan sampah tersebut sudah ada. Jika musim hujan, sampah akan semakin banyak dan jika musim kemarau, kawasan sungai ini menjadi kering karena aliran air tidak lagi mengaliri sungai ini namun pindah ke saluran irigasi lainnya,” ujarnya kemarin di kediamannya. Sampah-sampah yang menumpuk selain merupakan sampah bawaan air yang dibuang warga di hulu sungai, terkadang memang ada masyarakat yang sengaja membuang sampah dari atas jembatan dengan jumlah yang banyak.

Hal itu sering terjadi pada malam hari. “Kadang saya melihat ada warga yang membuang sampah satu mobil ke sungai dari atas Jembatan Beringin Jaya ini,”jelasnya. Kepala Kantor Kebersihan, Keindahan, dan Pemakaman (K3P) Syaipul Amri mengatakan, lokasi tersebut bukan merupakan titik pantau penilaian Adipura.

Jadi untuk saat ini pihaknya masih memfokuskan pembersihan di daerah-daerah yang menjadi titik pantau Adipura. “Kawasan itu tidak masuk kawasan penilaian untuk Adipura. Akan tetapi, kita akan membersihkan lokasi tersebut secepatnya,”ujarnya. cr5



Post Date : 30 Maret 2011