Sampah Kotori CFD Dago

Sumber:Koran Sindo - 10 Oktober 2011
Kategori:Sampah Luar Jakarta

BANDUNG– Sampah berserakan dan mengotori sepanjang Jalan Ir H Juanda (Dago) mulai dari Taman Cikapayang hingga persimpangan Jalan Dayang Sumbi yang kemarin menjadi kawasan car free day (CFD).

Sampah yang paling banyak dijumpai adalah sampah brosur dari beberapa perusahaan.Kondisi ini dikeluhkan banyak warga yang datang ke CFD Dago.Warga Dipatiukur,Kota Bandung,Nina Aryani, 28, mengaku tidak nyaman ketika berkunjung ke CFD Dago. “Sekarang jadi banyak sampahterutamadaribrosur-brosur yang disebar dan tercecer dimana- mana,”ujarnya,kemarin.

Sebagian besar pengunjung CFD akan langsung membuang begitu saja brosur-brosur tersebut ketika selesai dibaca. “Hasilnya pasti di sepanjang jalan jadi kotor, ada brosur yang menawarkan mobil, restoran, kartu kredit, dan masih banyak lagi,”katanya. Dia meminta Pemkot Bandung menertibkan perusahaan yang membagi-bagikan brosur demi menjaga lingkungan serta menciptakan kenyamanan warganya. “Kita ke CFD itu ingin olah raga atau sekadar jalan-jalan, tapi kalau melihat kondisinya kotor dan semrawut kan jadi malas,” ujar Indriyana,warga lainnya.

Selain itu, sejumlah warga juga kurang disiplin karena membuang sampah maupun brosur secara sembarangan, padahal di lokasi CFD sudah disediakan tempat sampah. Menanggapi ini,Kepala Dinas Perhubungan Kota Bandung Prijo Soebiandono menegaskan pihaknya akan langsung menegur beberapa perusahaan yang sengaja menyebar brosur di kawasan tersebut. “Kami akan tegur perusahaannya, padahal kami memberikan keleluasaan kepada mereka dalam berpromosi, tapi jangan sampai mengotori kawasan CFD,”ujar Prijo. Dia menyarankan perusahaan- perusahaan tersebut berpromosi tidak menggunakan brosur.

“Kalau dengan pengeras suara kan sama saja, promosinya tersampaikan dan terbebas dari sampah brosur,” ungkapnya. Namun, bila tetap membandel,dia meminta agar mereka yang berpromosi bersama- sama membersihkan kembali sampah brosurnya. “Jadi sama-sama enak dan tidak dirugikan dengan sampahsampah, itu pun kalau mereka mau membersihkannya kembali,” kata Prijo. Dia juga mengingatkan kepada pengunjung CFD agar tidak membuang sampah sembarangan.

“Sudah disediakan beberapa tempat sampah di sepanjang CFD, jadi kita imbau warga untuk disiplin membuang sampah ke tempatnya,” ucap kadishub. yugi prasetyo



Post Date : 10 Oktober 2011