Sampah Diprediksi Berlipat

Sumber:Pikiran Rakyat - 24 Desember 2010
Kategori:Sampah Luar Jakarta

BANDUNG, (PR).- Jumlah timbunan sampah di Kota Bandung saat libur Natal 2010 dan Tahun Baru 2011 diprediksi meningkat dua kali lipat. Direktur PD Kebersihan Kota Bandung Cece Iskandar ketika ditemui di sela-sela Rapat Paripurna DPRD Kota Bandung di Gedung Dewan, Kamis (23/12) mengatakan, guna mengantisipasi hal itu, pihaknya akan menurunkan sedikitnya seribu personel PD Kebersihan, meliputi penyapu, kru angkutan, pengemuda, dan staf pengawas di lapangan.

"Selain pelayanan reguler, pelayanan pada akhir pekan ini dan akhir pekan depan difokuskan pada titik-titik keramaian, seperti Alun-alun Bandung, Jln. Djuanda, Gasibu, Tegallega, dan Otista," ucapnya.

Menurut dia, dibandingkan dengan libur Hari Natal, libur Tahun Baru 2011 diprediksi menimbulkan volume sampah yang lebih besar. "Untuk perayaan Natal, kami memprioritaskan pengangkutan sampah pada TPS yang lokasinya berdekatan dengan gereja," katanya.

Saat ini, jumlah volume sampah di Kota Bandung rata-rata 4.000 meter kubik atau sekitar 1.000 ton per hari. Dari jumlah tersebut, baru sekitar 60 persen sampah yang terangkut.

"Untuk libur dua akhir pekan ini sudah merupakan kegiatan rutin tahunan, sehingga kami optimistis tidak akan kewalahan. Lagipula sisa sampah yang belum terangkut akibat penutupan TPA Sarimukti pekan lalu sudah akan selesai diangkut besok (Kamis hari ini-red.)," tuiturnya.

Menurut Cece, jumlah personel kebersihan yang diturunkan tidak berbeda jauh dengan akhir pekan biasa. Akan tetapi, waktu operasional diperpanjang.

"Libur akhir pekan ini dan akhir pekan depan, terpaksa waktu operasional diperpanjang. Misalnya, di Gasibu dan Tegallega harus stand by hingga sekitar pukul lima pagi," katanya. (A-175)



Post Date : 24 Desember 2010