Sampah Dibiarkan Menumpuk

Sumber:Koran Sindo - 26 Juli 2012
Kategori:Sampah Luar Jakarta
MEDAN –Prinsip kerja asal bapak senang sepertinya masih kental di kota ini. Kebersihan hanya bisa terjaga di saat pimpinan ada. Jika tidak, kota ini dibiarkan kumuh dari tumpukan sampah. 
 
Terbukti, di saat Wali Kota Rahudman Harahap dan Kepala Dinas Kebersihan Pardamean Siregar umroh selama 10 hari, banyak sampah tidak diangkut. Akibatnya, tumpukan sampah mulai terlihat di sejumlah kawasan. Keinginan wali kota untuk meraih penghargaan Adipura Kencana pun terancam. Berdasarkan pantauan SINDO, kondisi kebersihan di Kota Medan mulai terabaikan. Sampah terlihat teronggok (menumpuk) di beberapa kawasan. 
 
Seperti di kawasan Jalan Sisingamangaraja, dan sekitar Jalan Mongonsidi hingga Jalan Kapten Muslim. Tak hanya itu, kebersihan pasar tradisional juga terlihat masih buruk.Selain semrawut, onggokan sampah masih banyak ditemukan.Padahal,wali kota sudah berulang kali mengingatkan agar camat dan lurah lebih giat menjaga kebersihan lingkungan. Bahkan,Rahudman sempat me-warning para camat dan lurah untuk segera membersihkan sampah dari drainase, sehingga Medan benar-benar bersih.
 
Namun faktanya, kondisi drainase di kota ini masih buruk. Hingga kini masih banyak yang tersumbat sehingga mengakibatkan seringnya terjadi genangan air di kala hujan. “Medan ini lama-lama kutengok sudah sama dengan Jakarta. Sedikit-sedikit hujan sudah terjadi genangan air di mana-mana. Inilah kalau drainase-nya tersumbat sampah,” ujar Eni,warga Jalan Sisingamangaraja, Rabu (25/7). 
 
Sementara itu, pengamat lingkunganJaya Arjunamenilai, Pemko Medan sejauh ini masih sekadar mengejar target penghargaan. Karena hingga kini belum terlihat konsep pengelolaan sampah secara berkelanjutan. Seharusnya, kata dia, setelah Kota Medan meraih Piala Adipura, kondisi kebersihan semakin baik. 
 
Misalnya,memperbaiki Tempat Penampungan Akhir (TPA), menyediakan ruang terbuka hijau , menjaga kebersihan drainase, hingga meningkatkan kemampuan sekolah mengelolah sampah. “Kalau hanya sekadar mengutip sampah mungkin ini mudah dilakukan,tapi sampah yang dikutip itu harus dikelola dengan baik,” ucapnya. 
 
Kadis Kebersihan Pardamean Siregar ketika dikonfirmasi berjanji segera meningkatkan kinerja bawahan.“Saya akan kembali mengingatkan anggota untuk lebih meningkatkan kebersihan dikotaini,”ucap Pardameanyang barusajapulangumroh,kemarin. lia anggia nasution 


Post Date : 26 Juli 2012