Sampah di Pasar Mulai Diangkut

Sumber:Koran Sindo - 19 Januari 2008
Kategori:Sampah Luar Jakarta
BANDUNG (SINDO) Sebagian besar sampah yang menumpuk selama hampir satu bulan di beberapa pasar tradisional di Kab Bandung mulai diangkut,kemarin.Kegiatan itu dilakukan setelah Pemkab Bandung mencairkan dana operasional pengakutan sampah.

Bupati Bandung Obar Sobarna mengungkapkan,telah mengeluarkan surat keputusan (SK) pencairan dana operasional bagi kegiatan satuan kerja perangkat daerah (SKPD) yang bersifat mendesak untuk pelayanan masyarakat. SK itu merupakan tindak lanjut dari Perbup No.1 Tahun 2008 tentang pengeluaran kegiatan sebelum APBD Kab Bandung disah-kan. Ini untuk menanggapi masalah Dinas Kebersihan Kab Bandung yang kesulitan mengangkut sampah dari tiap pasar tradisional karena terkendala biaya operasional.

Setelah SK keluar,sebagian sampah sudah mulai diangkut dari beberapa pasar seperti di Pasar Dangdeur, Rancaekek, Banjaran dan Pasar Kopo. Beberapa pasar lainnya masih dalam proses karena pelaksanaan pengangkutan tidak bisa dilaksanakan pada siang hari, kata Obar kepada wartawan, kemarin. Kepala Dinas Kebersihan Achmad Kusyana menyatakan, tak semua pasar tradisional di Kab Bandung pengelolaan sampahnya ditangani Dinas Kebersihan.Dari 30-an pasar yang ada di Kab Bandung, 17 pasar di antaranya oleh Dinas Kebersihan.Hanya 17 pasar yang sampahnya dikelola oleh Dinas Kebersihan. Sisanya, ditangani oleh unit pelayanan teknis dinas pasar masing-masing,kata Kusyana. (iwa ahmad sugriwa)



Post Date : 19 Januari 2008