Sampah dari Kota Bandung Dibuang Siang Hari

Sumber:Pikiran Rakyat - 04 September 2010
Kategori:Sampah Luar Jakarta

NGAMPRAH, (PR).- Meskipun telah ada surat edaran Bupati Bandung Barat mengenai pemindahan jadwal aktivitas pengangkutan dan pembuangan sampah menjadi malam hari pada H-7 sampai H+7 Idulfitri, Pemerintah Kota Bandung tetap membuang sampah ke TPA Sarimukti pada siang hari.

Berdasarkan pemantauan di lapangan, truk-truk sampah dari Kota Bandung masih hilir mudik membuang sampah ke TPA Sarimukti melalui Jalan Raya Padalarang-Rajamandala yang merupakan salah satu jalur mudik yang makin dipadati kendaraan mendekati Lebaran.

"Kami sudah menanyakan masalah ini kepada PD Kebersihan Kota Bandung. Mereka mengaku tetap membuang sampah pada siang hari, karena ada beberapa titik yang sampahnya tidak bisa diangkut pada malam hari. Jadi kami akan membicarakan bagaimana solusinya selagi jalur mudik belum terlalu ramai," kata Kepala Dinas Perhubungan Kab. Bandung Barat Dodi Sofiandi, Jumat (3/9).

Menurut dia, pihaknya sudah mengirim surat edaran terkait pemindahan jadwal pembuangan sampah berdasarkan surat Bupati Bandung Barat No. 551.1/345/Dishub tanggal 24 Agustus 2010.

Pengangkutan sampah dari H-7 sampai H+7 hanya diperbolehkan mulai pukul 18.00 WIB-5.00 WIB.

Surat itu ditujukan kepada Wali Kota Cimahi dan Wali Kota Bandung dengan tembusan Kapolresta Cimahi, Direktur PD Kebersihan Kota Bandung, Dinas Pengelolaan Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kota Cimahi, dan Badan Pengelolaan Sampah Regional (BPSR) Jawa Barat.

Dalam suratnya, Abubakar mengatakan, jadwal pengangkutan dialihkan sebagai upaya mengantisipasi kemacetan arus lalu lintas di Padalarang yang merupakan pertemuan dua jalur utama dari Cianjur dan Cikampek di luar tol Purbaleunyi.

Tidak ada instruksi

Sementara itu, salah seorang sopir truk sampah Kota Bandung Asep Suherlan mengaku tidak pernah diberi instruksi oleh PD Kebersihan Kota Bandung mengenai pemindahan jadwal pembuangan sampah menjadi malam hari mulai H-7 sampai H+7 untuk menghindari kemacetan arus mudik.

"Informasi mengenai pemindahan jadwal pengangkutan sampah itu memang sudah saya dengar, tetapi sampai sekarang belum ada intruksi untuk mengubah jadwal. Jadi, saya dan sopir-sopir yang lain dari Kota Bandung tetap mengangkut dan membuang sampah pada siang hari," ujar Asep. (A-168)



Post Date : 04 September 2010