Sampah Bisa Jadi Duit

Sumber:Kompas - 04 April 2008
Kategori:Sampah Jakarta

Sampah… udah enggak asing lagi buat kita. Udah lama sampah jadi masalah bagi kita. Tapi kenapa enggak selesai-selesai ya? Malah Jakarta yang jadi lautan sampah. He-he….

Metropolitan punya segudang cerita tentang sampah. Sampah itu selalu enggak bisa diselesain keberadaannya. Rasanya mata kita udah gatel dan bosen ngeliat sampah yang bertebaran di mana-mana.

Misalnya, kalo kita lagi pada jajan di kantin sekolah atau lagi pada shopping sama pacar di mal, coba deh lo perhatiin sampah. Kalo lu bisa ngitungnya, hebat lu.

Soalnya, sampah ini berjumlah banyak setiap harinya, tahu dari mana aja datangnya. Tapi yang jelas dan pastinya, siapa lagi kalo bukan kita juga yang ngebuang.

Mending kalo kita buang sampah pada tempatnya, ini buang sembarangan. Gilaaa….. But, jangan salah dulu. Bukan berarti sampah di tempat sampah itu udah aman keberadaannya setelah dibuang. Lu belum tahu kan itu sampah bakalan gimana seterusnya.

Sampah vs lingkungan

Sampah tuh banyak jenisnya, di antaranya sampah plastik bekas pembungkus, sisa makanan, kertas-kertas, dan lainnya. Enggak kehitung deh jumlahnya. Tapi, sekarang kita perhatiin salah satunya yang sering dijumpai, sampah berbahan plastik.

Sampah ini sulit diuraikan oleh mikroorganisme. Butuh waktu lama supaya sampah jenis ini hancur dengan sendirinya. Tapi, kenapa di rumah lu atau di jalan-jalan pasti ada jenis sampah ini? Padahal, banyak akibat yang ditimbulkan dari itu semua.

Sampah kalo dibiarin bisa nampung air. Udah gitu bisa jadi sarang nyamuk. Maksudnya, lu mau buang sampah eh malah jadi sumber penyakit yang bisa nimpa diri sendiri. Jadi kayak senjata makan tuan. Kan bahaya banget.

Lu pada udah tahu kalo kita sedang ngadepin yang namanya global warming. Jakarta sekarang udah jadi langganan banjir. Kalo udah kayak gini, enggak ada yang mau disalahin. Kita tahunya hanya nyalahin orang. Enggak bisalah, ini kan tanggung jawab bersama.

”Student company”

Ih… Apaan tuh ya? Mungkin lu tahu artinya, tapi mungkin lu jarang dengar ini. Student company (SC) adalah sebuah perusahaan yang anggotanya para siswa.

Kayak di SMKN 26 Jakarta. Ada sebuah student company yang baru dibentuk, namanya BIONIC 26 (Best Innovation and Intelligent Company).

SC di sini juga kayak perusahaan gede itu. Ada presiden direkturnya, vice president, manajer, dan banyak lagi. SC ini dibentuk buat nampung siswa yang punya jiwa entrepreneur (wirausaha) dan punya ide yang kreatif banget.

SC di SMKN 26 punya banyak aktivitas, mulai dari produk barang, jualan makanan, dan ikut kegiatan organisasi Prestasi Junior Indonesia (PJI), yang jadi wadah untuk menangani SC di beberapa sekolah di Jakarta.

Kalo soal produksi, SC kami udah produksi banyak barang. Salah satunya adalah pin. Memang udah biasa, pin doang gitu. Oops… tapi pinnya beda broo… Pinnya terbuat dari batok kelapa. Unik kan?

Ide ini enggak sengaja datangnya lho. Pas kita lagi jalan di pasar, eh lihat batok kelapa yang dibuang-buang. Nah saat itu kita mau bikin pin. Hadir deh ide ini.

Memang mungkin barang kayak itu sudah ada di pasaran. Tapi tetap dong, termasuk barang yang langka banget. Jadinya tuh lucu, beda, unik, gokil abiezz, dan nyeni banget. Memang semua dari bahan sampah, tapi bukan berarti kualitasnya rendah.

Yang penting gimana kita bisa ciptain daya tarik tersendiri dari produk itu. Dari produk ini saja, SC di SMKN 26 udah dapat laba Rp 400.000 dari penjualan 100 pin. Enak kan???

Selain produk itu, kita udah produksi barang yang lain. Sekarang ini kita lagi mau produksi: tempat pensil dan tempat HP dari bungkus bekas detergen, kantong belanjaan, and gantungan kunci.

Ya, barang-barang itu dijual kepada siswa satu sekolahan dan juga bisa dipesan dari luar komunitas sekolah. Banyak manfaat yang bisa lu dapat dari Student Company.

Lu bisa belajar bisnis dan keuangan, belajar berorganisasi, ngerasain jadi bagian sebuah perusahaan, nuangin ide kocak lu buat dikembangin bersama, dan bisa nambah keuangan kita pastinya. Enak kan???

Coba aja lu bentuk deh student company. Mungkin ini jadi salah satu solusi yang bisa dilakukan sama anak sekolah. Lu bisa dapat uang banyak dari kegiatan ini, dan juga secara enggak langsung lu udah peduli sama lingkungan, serta ikut campur tangan dalam ngehadepin masalah sampah.

Yuh... coba aja... Ikutin jejak kami...!!!

TIM SMKN 26 Pembangunan Jakarta Yanuar (1Teknik Elektronika Komunikasi), Harseto (1Teknik Elektronika Komunikasi), Oky (1Teknik Elektronika Komunikasi), Kemal (1Teknik Komputer dan Jaringan), Jaya (1Teknik Elektronika Komunikasi), Ilham (1Teknik Komputer dan Jaringan), Soleh (1Teknik Listrik Industri)



Post Date : 04 April 2008